Rabu, 25 April 2012

Wisata : Surga Bawah Laut Kalimantan Timur


Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia (Wikipedia). Selain keindahan bawah lautnya, pantai-pantai di Derawan juga tidak kalah menawan. Selain itu Derawan sangat terkenal dengan ‘Danau’ Kakaban, yang merupakan satu dari dua atol sempurna yang ada di dunia, yang menyebabkan laut menjadi ‘danau’ asin. Ada juga tempat perlindungan Kura-kura di Pulau Sangalaki dan di perairan sekitar Derawan sering muncul ikan pari/manta

Seluruh pantai di perairan Kepulauan Derawan memiliki pantai pasir putih yang cantik, namun ada beberapa spot yang sering dikunjungi

  1. Pulau Maratua, terdapat resort yang bagus dan tempat pool bagi kita yg ingin diving, jaraknya sekitar 2 jam dari Tanjung Batu. Konon tempat diving yang bagus terdapat di dekat Maratua ini.
  2. Pulau Kakaban, pulau eksotik, karena terdapat laguna yang berubah menjadi danau, karena aksesnya ‘tertutup’ oleh atol sempurna (yang konon hanya ada 2 di dunia ini). Di sini ada Jelly Fish atau Ubur- ubur, yang tidak menyengat, spesies ini hanya ada 2 di dunia, satu spesies di Kakaban dan satu spesies lagi di luar negeri. Selain itu kalau kita diving, kita akan menemukan berbagai jenis coral dan ikan yang langka. Note: hati-hati berenang di sini karena beberapa meter dari pinggiran, katanya langsung palung laut. Jaraknya sekitar 1 jam dari Maratua, 1,5 jam dari Derawan. Tidak ada penduduk atau penghuni pulau.
  3.  Pulau Sanglaki, pulau tempat penangkaran penyu, sebelumnya terdapat resort di sini, namun ijin tidak diperpanjang demi pelestarian penyu. Ada penjaga (3 orang) tetapi tidak ada penduduk. Selain penyu, diperairan ini seringkali nampak ikan pari/manta, terkadang serombongan manta muncul dipermukaan.
  4. Pulau Derawan, sebagai pusat pulaunya di sini terdapat pemukiman penduduk, sekolah, puskesmas, warung makan (sederhana), dan akomodasi penginapan berbagai kelas (dari 50.000 sampai 500.000). Pantai di pulau Derawan sangatlah cantik.
  5. Pulau Panjang sebagai tempat yang cukup banyak terumbu karangnya. Menurut Wikipedia: dengan jumlah spesies 460 sampai 470 menunjukkan bahwa ini menjadi kekayaan biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.




Prakiraan Biaya
Transportasi
  1. Pesawat dari Balikpapan atau Samarinda menuju Tanjung Redep/Berau . Penerbangan sekitar   45 menit-60 menit.
  2. Tanjung Redep/Berau menuju Tanjung Batu melalui jalan darat yang memakan waktu sekitar 2-3 jam. Alternatif lain denan jalan laut, Berau langsung ke Kepulauan Derawan sekitar 4-5 jam.
  3. Tanjung batu – Kepulauan Derawan menggunakan kapal penyeberangan yang melayani rute Tanjung Batu ke Pulau Derawan.

Akomodasi
Kepulauan Derawan memiliki 31 pulau dan beberapa gosong atau atol, namun hanya sebagian pulau yang menyediakan akomodasi lengkap, salah satunya adalah pulau Derawan. Tarif di pulau Derawan beragam dari Rp.150.000,- sampai dengan Rp.500.000,- per orang /malam. . Pulau-pulau lainnya juga memiliki resort mewah dengan tarif dolar atau euro. Hanya di Pulau Derawan yang bersifat umum, penginapan banyak tersedia disini.

Makanan
Untuk di Maratua, biaya penginapan termasuk biaya makan. Sedangkan di Pulau Derawan, tidak termasuk biaya penginapan. Apabila menginginkan, akan ditawarkan kisaran harga Rp.25.000,- per makan. Alternatif lain, terdapat warung makan sederhana di sekitar pulau Derawan.

Biaya Lain – Tiket Masuk
Tidak ada biaya untuk tiket masuk.



Sumber : Turisindie.com

2 komentar:

  1. samarinda-berau ada nggak Transportasi daratnya? klo ada, brapa biayanya?
    (reply plss)

    BalasHapus
  2. Maaf mbak saya baru Online sekarang.. Untuk Samarinda-Berau, transportasi darat ada.. Tapi saya rasa jarang sekali yang ke tujuan Tanjungredep > Berau.. Kalau perjalanan darat dari Samarinda-TanjungRedep/Berau sekitar 6-8 Jam dengan kecepatan rata2 60 Km/jam, TanjungRedep/Berau-Derawan menggunakan perjalanan Laut sekitar 2-3 Jam dengan cuaca yang sedang bagus.. Kalau pertimbangan saya, sewa mobil saja mbak, soalnya secara "view" lebih asyik.. Bagaimana? :)

    BalasHapus

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat