Kamis, 26 April 2012

Wisata : Karimunjawa-Tropical Paradise



Kepulauan di Laut Jawa yang merupakan bagian dari kota Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Nasional /Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau dimana hanya 5 pulau yang berpenghuni (total penduduk sekitar 9.000 jiwa) yaitu pulau Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Gentin. Pulau lainnya tidak berpenghuni.



Keberangkatan dari Semarang menggunakan Kapal Cepat Kartini, jarak tempuh sekitar 3 jam (kondisi normal) dengan harga tiket beragam tergantung kelas, hanya mengangkut penumpang. Kontak person pemesanan tiket : Bapak Purwanto 0815 662 7808. Untuk Kelas Eksekutif (sekali jalan) Rp.150.000, sedangkan untuk bisnis Rp.130.000,-.

Jadwal keberangkatan (Semarang-Karimunjawa) :
 - (setiap) Sabtu jam 09.00.
 - Hari Senin minggu pertama dan minggu (kadang berubah), 07:00 WIB.
Jadwal pulang (Karimunjawa-Semarang) :
 - (setiap) Minggu, jam 14.00
 - Hari Selasa : Setiap minggu pertama dan minggu ketiga jam 11.00


Keberangkatan dari Jepara menggunakan kapal Ferry (bisa membawa kendaraan), jarak tempuh 6 jam dengan harga tiket (sekali jalan) untuk VIP : Rp. 49.000 dan Bisnis : Rp.24.100, kendaraan roda dua Rp.22.000,-, mobil : Rp. 215.000.

Jadwal keberangkatan :
 1. Hari Rabu : Jepara – Karimunjawa, jam 08:30 WIB.
 2. Hari Kamis : Karimunjawa – Jepara, jam 08:30 WIB.
 3. Hari Sabtu : Jepara – Karimunjawa, jam 08:30 WIB.
 4. Hari Senin : Karimunjawa – Jepara, jam 08:30 WIB.

Untuk Penginapan tersedia cukup banyak, dari kelas VIP (kura-kura resort dengan tarif dolar ) hingga homestay. Tarif di homestay rata-rata 100.000 sd. 150.000 perkamar (tanpa AC). Hotel menengah (AC) sekitar Rp.250.000,-/kamar. Biasanya hotel/homestay juga menawarkan jasa makan pagi-siang-malam. Namun apabila tidak menggunakan fasilitas ini, ada beberapa warung makan. Biaya makan sekitar Rp.10.000 sd. Rp.15.000.





Biaya perahu untuk mengelilingi pulau harga bervariasi tergantung ukuran kapal, lama sewa kapal, dan kondisi permintaan akan kapal, bila kondisi ramai harga sewa naik hampir dua kali lipat dibandingkan saat sepi. Harga sewa secara umum sekitar Rp.400.000,/hari yang bisa memuat sekitar 20 orang.

  • Biaya sewa alat snorkeling sekitar Rp.25.000,-/hari.
  • Biaya lain : biaya berenang dengan ikan hiu sebesar Rp.5.000,- di pulau menjangan besar.
  • Biaya guide sekitar Rp.50.000-100.000/hari.
1. Menyelam
 Kegiatan ini dapat dilakukan di sebelah utara dan barat pulau Karimunjawa, sebelah timur pulau Menjangan Besar, sekitar pulau Menjangan Kecil, sebelah selatan dan barat pulau Geleang, sebelah barat pulau Bengkoang, sebelah barat pulau parang, sebelah timur pulau Kembar, sekitar pulau Katang, sebelah utara dan timur pulau Krakal Kecil, dan sebelah barat pulau Kumbang.
2. Snorkeling
 Aktifitas ini dapat dilakukan di pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil, sebelah barat pulau Bengkoang, sekitar pulau Kembar, sebelah utara dan timur pulau Krakal Kecil.
3. Memancing
 Memancing dapat dilakukan di sekitar pulau Menjangan Besar dan Kecil, pulau Menyawakan, pulau Tengah, pulau Kemujan, pulau Parang, sekitar pulau Kembar, dan sebelah barat pulau Bengkoang.


Karimunjawa

4. Berenang
 Lokasi yang dapat dipakai untuk melakukan aktifitas ini antara lain di sebelah timur dan selatan pulau Karimunjawa, bagian selatan dan barat pulau Menjangan Kecil, bagian barat pulau Tengah, sekitar pulau Parang, pulau Kembar, dan pulau Kumbang.
5. Berjemur
 Hampir seluruh pantai di kepulauan Karimunjawa berpasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang. Kondisi ini menyebabkan kawasan pantai menjadi kawasan yang cocok untuk melakukan kegiatan berjemur (mandi matahari), bermain pasir, dan menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam atau terbit.
6.Menjelajah laut
 Bagi yang tidak dapat berenang dan menyelam, tersedia kapal yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawahnya (glass bottom boat) untuk menyaksikan keindahan bawah laut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat