Jumat, 27 April 2012

Techno : 'Developer' Indonesia Sumbang 3.000 Aplikasi di Nokia Store


Selama ini Nokia Indonesia memang rajin merangkul pengembang aplikasi (developer) lokal untuk membuat aplikasi di platform Nokia.
Hasilnya, saat ini sudah tercipta sekitar 3.000 aplikasi buatan developer lokal yang bisa diunduh di Nokia Store.

Menurut Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia South East Asia, aplikasi lokal tersebut diunduh 2,5 juta kali per pekan dari seluruh negara di dunia. Ia pun, mewakili Nokia Indonesia, berkomitmen untuk menciptakan ekosistem developer yang kuat di Indonesia.

Konten aplikasi lokal tentu disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Ada developer yang membuat gim dengan mengangkat kebudayaan lokal, sampai ke aplikasi untuk pelayanan publik di kotanya masing-masing.

Untuk aplikasi berbayar, pembagian keuntungannya adalah 30% untuk Nokia dan 70% untuk developer.

Sementara itu, untuk sistem pembayaran aplikasi berbayar di Indonesia, Nokia menyediakan sistem operator billing dari Telkomsel, XL, dan Indosat. Ketika pengguna mengunduh aplikasi di Nokia Store,  pulsanya otomatis terpotong sekian rupiah sesuai dengan harga aplikasi.

Aplikasi pesanan pengguna

Saat ini Nokia sedang menyelenggarakan Nokia Lumia Apps on Demand, di mana masyarakat bisa memberi saran dan detail aplikasi macam apa yang mereka butuhkan.

"Langkah ini diambil untuk mengetahui aplikasi apa yang dibutuhkan orang Indonesia," ujar Narenda.

Pengguna dapat memasukkan sarannya dalam 10 jenis kategori aplikasi, yakni foto, musik dan video, edukasi, hiburan, bisnis, berita, gaya hidup, produktivitas, dan permainan.





Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat