Selasa, 24 April 2012

Wisata: Pesona Air Terjun Tiu Kelep di Lombok Utara

Berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terletak pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Air Terjun Tiu Kelep yang memiliki ketinggian 30 meter ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun yang berada di kaki gunung Rinjani. Menurut tur guide kami, nama Tiu Kelep diambil dari bahasa suku Sasak, “tiu” berarti kolam, sedangkan “kelep” berarti terbang. Untuk menuju ke lokasi air terjun, kita harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari pintu masuk, selama perjalanan nikmatilah view hutan hujan tropis yang masih hijau ditambah dengan aliran sungai yang jernih.


Oleh karena Desa Senaru merupakan desa yang dijadikan starting point pendakian Gunung Rinjani, jadi banyak sekali homestay yang tersedia. Harga yang ditawarkan pun relatif murah sekitar Rp. 30.000- Rp. 50.000 saja per orang (tergantung fasilitas yang di tawarkan).

Apabila Anda sampai Mataram pada siang atau malam hari, sebaiknya menginap semalam di Mataram sambil menikmati kuliner khas Lombok di sekitar Ampenan.

Untuk wisata kuliner saya rasa masih sangat sedikit tersedia di desa Senaru, mengingat lokasinya yang masih desa, jadi lebih baik menikmati kuliner khas Lombok di kota Mataram di sekitar Ampenan tepatnya. Diantaranya dapat dicoba Sate lilit ikan, Nasi Campur Ebatan khas Lombok di Jl. Sayang-Sayang, Pelecing Kangkung yang tersedia di hampir semua restoran di Lombok, dan juga manisan rumput laut dan madu untuk oleh-oleh.

Biaya tiket masuk Air terjun Tiu kelep sebesar Rp. 4000 per orang, dan biaya sewa guide sebesar Rp. 60.000. Sebaiknya anda tawar harga guide-nya dari harga yang ditawarkan, karena biasanya mereka mematok harga yang tinggi. Selain bisa membantu menunjukkan jalan, mereka juga bisa membantu kita membawakan barang-barang kita, serta membantu kita apabila ada trek-trek yang harus menanjak atau melewati sungai. (dra)


Sumber : www.himpalaunas.com




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat