Minggu, 22 April 2012

Techno : Smartphone Perdana Berbasis Intel Siap Dirilis


Intel dikabarkan segera merilis ponsel pintar (smartphone) dengan prosesor buatannya ke pasaran. Smartphone ini merupakan perangkat ponsel berbasis arsitektur Intel pertama di dunia.

Seperti dirilis dari The Verge, CEO Intel Paul Otellini menjelaskan pihaknya akan merilis smartphone tersebut dalam waktu dekat.

"Rencananya akhir pekan ini," kata Otellini.

Intel tentu saja tidak akan memproduksi dan memasarkan smartphone-nya sendiri. Untuk bisa melahirkan ponsel canggih khas Intel, produsen chip dan prosesor tersebut akan menggandeng sejumlah vendor.

Kabarnya, Intel akan menggandeng Lenovo untuk memproduksi smartphone Lenovo K800. Ponsel ini akan menjadi perangkat mobile atau tepatnya smartphone pertama yang menggunakan prosesor dari Intel.

Sebelumnya, Intel lebih terkenal dengan prosesornya di perangkat komputer desktop atau laptop. Tergiur dengan bisnis chipset di ponsel dan tablet, Intel mulai tahun ini ikut berkecimpung dengan menyediakan prosesor untuk dua jenis perangkat tersebut.

K800 sendiri telah dipamerkan di ajang pameran elektronik paling bergensi di dunia, Consumer Electronics Show di Las Vegas, yang berlangsung sejak 10 sampai 13 Januari 2011.

Prosesor yang disematkan di K800 adalah seri Atom Z2460 atau dijuluki Medfield, dengan clock speed 1.6GHz didukung teknologi Intel hyper Threading, manufaktur fabrikasi 32 nanometer dan akan menggunakan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Perangkat ini dikabarkan akan masuk China, untuk pertama kalinya.

Produk lain yang akan menggunakan Intel sebagai prosesor ponselnya adalah ponsel Xolo X900, besutan Lava International. Perangkat ini bakal memakai chip Intel Atom Medfield dan akan tersedia di India mulai 19 April 2012 ini.

Ponsel tersebut dikabarkan memakai ukuran layar 4,3 inci dan prosesor yang sama dengan Lenovo K800. Intel juga menginginkan ada vendor lain yang mau memproduksi smartphone khas Intel ini, misalnya Motorola.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat