Kamis, 24 Mei 2012

Kesehatan : Penyebab Bayi Susah Makan Dan Solusinya


Sering kali kita menemui bayi susah makan, tentu saja seorang ibu merasa kebingungan dalam menyikapinya. Namun hal ini tidak boleh dianggap spele, terkadang karena terlalu percaya sama mitos seorang ibu hanya menganggapnya sebagai hal yang biasa. Tetapi perlu diketahui bayi sangat memerlukan asupan nutrisi yang seimbang dan teratur. Hal tersebut sebagai faktor penentu bayi menjadi sehat dan aktif, setiap bayi memerlukan tumbuhkan kembang yang penting bagi mereka. Bagaimanapun juga setiap orang tua sangat mengharapkan anaknya tumbuh sehat dan aktif. Tetapi jika bayi telah susah untuk diajak makan maka ibu perlu tahu apa yang menjadi penyebabnya dan cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Terjadinya Bayi Susah Makan

“Waktunya makan…..!” tentu istilah semacam ini bisa menjadi tidak sempurna karena si bayi susah makan dan menolak makanan yang diberikan padanya. Berdasarkan beberapa penelitian, hal ini disebabkan oleh adanya faktor kecil yang dialami oleh si bayi. Pada kondisi demikian, bayi cenderung lebih sering menyemburkan makanan yang dia makan atau hanya ingin mengemut saja. Hal ini memang wajar dilakukan oleh si bayi pada umumnya, namun tetap saja harus ada makanan pendamping yang masuk pada tubuhnya. Adapun hal tersebut dapat disebabkan oleh bayi yang tiba-tiba kehilangan selera makan.

Namun kondisi ini sifatnya relatif, tidak semua bayi mengalaminya. Selain faktor tersebut, bayi juga mengalami fase perkembangan seperti rasa ingin tahunya yang lebih besar terhadap dunia luar sehingga acara makan yang seharusnya dia dapat menjadi tidak begitu dia pedulikan. Namun ada pula penyebab bayi tidak mau makan yang dikarenakan oleh bayi mengalami masalah atau gangguan pada fisiknya sehingga mempengaruhi minat makannya, misalnya bayi sedang mengalami tumbuh gigi. Selain itu penyebab bayi yang sulit makan bisa dikarenakan oleh kondisi tubuh mereka yang tidak stabil, dalam artian bayi sedang tidak enak badan seperti batuk-pilek.

Cara Menyiasati Bayi Yang Susah Makan

Namun bagi para ibu, hal diatas bukanlah tanpa ada solusinya, karena setiap permasalahan tentu akan ada jalan keluarnya. Bagi para ibu yang memiliki bayi susah makan dapat menerapkan cara berikut. Seperti mengganti makanannya, hal ini bertujuan agar bayi tidak merasa bosan terhadap menu makanan yang sejenis. Bagi bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi, adakalanya ibu menggangti makanan yang agak bertekstur sedikit kasar karena pada tahap ini si bayi akan lebih sering belajar mengunyah. Jika bayi anda merasa bosan makan dengan cara disuapi, maka anda harus memberiarkannya untuk makan sendiri atau bereksplorasi sendiri sebab pada tahap ini bayi cenderung menginginkan hal-hal yang baru dalam perkembangannya. Selain itu anda perlu mengkonsultasikannya pada dokter spesialis anak dan bayi.

Pentingnya Asupan Nutrisi Seimbang

Selain ibu mendapatkan mengenai penyebab bayi yang susah makan serta cara mengatasinya, adakalanya para ibu harus tahu akan pentingnya nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Nutrisi yang cukup dan seimbang akan menentukan proses tumbuh kembang si bayi. Asupan makanan pendamping ASI seperti bubur, sereal, biskuit serta sari buah dan sayur sangat diperlukan oleh bayi. Dalam hal ini pemilihan sumber nutrisi perlu diperhatikan dari nilai gizi yang terkandung didalam hingga kebutuhan si bayi akan nutrisinya. Makanan yang masuk harus berpola seimbang dan bermanfaat bagi tubuh si bayi sebab akan mengurangi penyebab bayi susah makan.

2 komentar:

  1. kalau bayi saya usia 9 bulan sekarang susah makan karena di usia 6 bulan sering diberi icip2 makanan di rumah yg berbumbu lengkap termasuk micin. menurut nenek saya dengan memberi icip2 seperti itu nantinya bayi akan doyan makan semua makanan. tapi alhasil dia sekarang jadi sangat choosy. dia hanya mau makan yg enak, bercitarasa tajam. dan yg lebih parah , dia tidak mau makanan yg manis, termasuk buah dan biskuit. saya sungguh bingung menghadapinya. 2 bulan terakhir ini berat badannya tidak naik. makanan yg masuk ke mulutnya hanya 3-5 suap itu pun sdh dgn susah payah saya jejalkan.

    mohon jika ada yg pernah mengalaminya dan bagaimana solusinya. terimakasih

    BalasHapus
  2. Mbak atau Ibu.. Keponakan saya juga mengalami susah makan.. Dan itu memang hal wajar yang sering di lakukan bayi.. Solusinya saya sering memberikan tambahan madu bayi sedikit2 pada makanannya.. waktu2 pertama bayi belum mau, tapi lama2 akhirnya mau makan.. Setelah sang bayi sudah mulai mau makan, kurangi atau jangan pakai madu lagi.. Karena nanti bisa jadi sebuah kebiasaan..

    Perlu di catat dan di perhatikan!!!!!
    Jangan pernah memberi micin / penyedap rasa dengan segala merk itu / bumbu2 instan seperti masako, royco, dsb ( saya tidak menjelek2kan produk tsb, tapi mencegah agar tidak termakan bayi ) / bakso / mie ayam / mie instan.. Soalnya bidan yang sering ke tempat posyandu saya pernah bilang kalau ada bayi yang kebanyakan motto / micin mengakibatkan matanya agak keluar..

    Bagaimana?

    BalasHapus

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat