Minggu, 27 Mei 2012

Kesehatan : Makanan Anak di Masa Pertumbuhan


Makanan anak marupakan hal yang terpenting bagi pertumbuhan anak. Masa pertumbuhan yang paling optimal adalah saat masa anak-anak. Di saat itulah merupakan masa terpenting bagi anak. Banyak orang yang bilang masa anak ini dengan ungkapan The Golden Age. Pada saat ini adalah masa keemasan bagi anak, karena bila sesuatu terjadi pun masih dapat diperbaiki sebab pertumbuhan dan perkembangan anak dalam tahap yang sangat baik. Jadi proses perbaikan pun bisa terjadi dengan baik. Maka dari itu, bila ada kebiasaan yang kurang baik pada anak segeralah diubah sebelum terlanjur terbawa hingga dewasa.

Karbohidrat

Karbohidrat, sementara menyediakan bagian terbesar dari diet yang diperlukan, juga menyediakan kebutuhan energi tubuh. Bila tidak ada karbohidrat ini, tubuh menggunakan protein dan lemak untuk energi. Disimpan terutama sebagai glikogen dalam hati dan otot, karbohidrat mungkin membentuk tidak lebih dari 1% berat badan. Mengetahui hal tersebut, maka kita harus memperhatikan makanan anak dengan sangat baik khususnya karbohidrat agar tidak terjadi suatu kondisi yang buruk dalam tubuh anak.

Protein

Protein membentuk sekitar 20% berat badan orang dewasa. Asam aminonya adalah nutrien dasar dalam pembentukan protoplasma sel. Protein dapat diubah menjadi energi yang notabene memberikan jumlah energi yang lebih rendah dibandingkan lemak dan karbohidrat. Protein ini juga memberikan sumber nutrisi bagi pertumbuhan sang anak, agar pertumbuhan anak tidak terhambat. Sumber protein bisa didapat dari hewani maupun nabati. Sumber protein hewani bisa didapatkan dari daging, ikan, telur, dan susu. Sedangkan, untuk sumber protein nabati paling banyak bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Karena itu, apabila sang anak tidak menyukai sayuran atau daging maka seorang ibu harus bisa bagaimana caranya untuk mengolah makanan anak menjadi suatu hidangan yang menarik bagi anak.

Vitamin

Kata “vitamin” ini merujuk pada senyawa organik yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit untuk mengkatalisa metabolisme seluler penting untuk pertumbuhan atau mempertahankan organisme. Seorang ibu harus dengan telaten untuk mempersiapkan berbagai jenis buah yang akan disantap sang anak. Hal ini diharapkan untuk menghindari malnutrisi akibat kekuarangan vitamin pada anak. Banyak sekali kejadian avitaminosis dan kelebihan vitamin dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius bagi anak-anak. Misalnya saja seseorang yang kekurangan vitamin B-1 dapat mengalami suatu penyakit yang disebut beriberi. Maka dari itu, seorang ibu harus memperhatikan asupan makanan anak sejak dini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat