Jumat, 25 Mei 2012

Kesehatan : Asam Folat Sangat Penting Untuk Ibu Hamil


Asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air dan kaya akan nutrisi. Vitamin ini yang amat dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena kandungan zat dalam asam folat mengandung banyak manfaat untuk kebaikan calon jabang bayi. Banyak para wanita yang masi menyepelakan pentingnya fungsi asam folat. Mereka mengkonsumsi makanan tanpa mempertimbangkan kandungan dalam makan tersebut.

Asam Folat Membantu Pertumbuhan Sel Dan Jaringan


Definisi ilmiah dari asam folat ini adalah bentuk sintetis dari vitamin B yang dapat larut dalam air. Dan namanya diambil dari sebuah kata ilmiah folium yang berarti daun. Karena memang vitamin ini banyak terkandung dalam sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan. Namun sayangnya banyak wanita hamil yang keukurangan vitamin folat ini karena mereka tidak suka mengkonsumsi sayur. Padahal yang paling penting dari fungsi asam folat adalah untuk pertumbuhan dan pembelah sel dan jaringan pada janin dalam kandungan.

Asam Folat Membantu Mengurangi Resiko Cacat Pada Bayi

Asam folat memiliki peran yang penting bagi pertumbuhan dan pembelahan sel janin. Itu berarti kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak sempurna. Sehingga tidak jarang kita jumpai bayi yang terlahir dengan cacat tempurung. Tempurung kepala tidak terbentuk atau menutup secara sempurna serta cacat tabung saraf. Itu karena yang berperan dalam pembentukan sel adalah DNA dan RNA, bahan genetik yang menentukan fungsi sel. Dan fungsi asam folat itulah yang membuat dan memperbaiki DNA.

Tidak hanya itu saja, manfaat yang terkandung dalam asam ini juga penting untuk semua orang. Karena asam ini dapat meningkatkan kualitas sel darah merah sehingga mencegah anemia. orang dewasa disarankan menkonsumsi folat dari sumber alami dan sintetis 400 mikrogram (mcg) per hari sedangkan wanita hamil harus mengambil lebih-600 mcg sehari untuk mengurangi resiko melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf, premature, dan lain lain. bayam, kangkung, sawi, katuk, kacang panjang dan brokoli. Jeruk, kacang-kacangan, kedelai, asparagus, kembang kol, kubis, hati dan daging merupakan sumber makanan yang kaya akan asam folat.

Ringkasan: Asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air dan kaya akan nutrisi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat