Minggu, 27 Mei 2012

Kesehatan : Manfaat Pare dibalik Rasanya yang Sangat Pahit


Manfaat pare selamai ini mungkin banyak diketahui dari mulut ke mulut. Namun, tahukah Anda bahwa bangsa Cina telah mengetahui manfaat pare sejak dulu. Bangsa Cina banyak menggunakan pare untuk mengobati diare, demam, hingga mengatasi keracunan makanan.


Manfaat Pare Sebagai Penangkal Sel Kanker

Salah satu manfaat pare untuk kesehatan adalah dapat menjadi penangkal sel kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian di Jepang. Dalam penelitian tersebut, digunakan beberapa tikus yang diinjeksi sel kanker kemudian diinjeksi dengan ekstrak pare. Setelah mereka mengamati perkembangan sel kanker dalam tubuh tikus tersebut, hasilnya menampakkan bahwa sel kanker yang di injeksi berhenti berkembang.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan manfaat pare sebagai penangkal sel kanker. Manfaat ini dapat diperoleh karena pare mengandung zat lesichin yang dapat meningkatkan kekebalan untuk menangkal perkembangan sel kanker. Tidak hanya itu, pare juga memiliki kandungan beberapa zat yang dapat mencegah sel kanker. Sehingga bagi Anda yang bukan penderita kanker dapat mengonsumsi pare untuk mencegah serangan kanker.

Selain sebagai penangkal sel kanker, manfaat pare untuk kesehatan yang lain adalah untuk menurunkan kadar gula. Manfaat pare ini juga diketahui dari hasil penelitian menggunakan beberapa tikus. Tikus-tikus tersebut diberi makanan dari ekstrak pare. Setelah mereka mengukur gula darah pada tikus tersebut, diketahui adanya penurunan kadar gula. Hal ini dikarenakan adanya zat insulin pada pare.

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Beberapa zat dalam pare mampu membantu proses perombakan glukosa menjadi energi sehingga kondisi kadar gula yang berlebih dapat dicegah.

Beberapa manfaat pare bagi kesehatan selain yang telah dibahas diatas adalah dapat memperlancar proses pencernaan dan mengatasi sembelit karena kandungan seratnya yang banyak.

Pare juga memiliki kandungan vitamin C, kalium, dan karoten. Vitamin C dalam pare bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kulit dari sinar ultra violet, dan mencegah kerutan di wajah. Zat karoten sangat berguna untuk kesehatan mata. Sedangkan Zat kalium dapat mengatasi hipertensi.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian oleh peneliti Jepang, diketahui manfaat pare sangat baik sebagai antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat