Jumat, 18 Mei 2012

Kesehatan : Manfaat Yang Terkandung DI Dalam Buah Kurma


Kurma merupakan salah satu buah populer yang berasal dari daerah timur tengah, buah ini menjadi sangat populer dan mudah ditemukan ketika musim haji tiba. Rasanya buah kurma telah menjadi oleh-oleh wajib bagi seseorang yang pulang dari menunaikan ibadah haji. Buah kurma juga menjadi salah satu buah yang menjadi ciri khas pada saat bulan puasa. Buah kurma atau yang memiliki nama ilmiah Phoenix dactylifera adalah tanaman palma dari genus Phoenix. Pohon kurma dapat tumbuh setinggi 25 meter, dan menghasilkan buah yang memiliki rasa sangat lezat. Kurma diyakini berasal dari sekitar tepian sungai Nil dan sungai efrat, meskipun sumber asalnya tidka diketahui secara pasti karena buah kurma telah dibudidayakan sejak lama.

Buah kurma memiliki daging berserat yang sangat lembut dan memiliki rasa yang sangat manis seperti kombinasi rasa gula dan madu. Buah kurma memiliki manfaat yang luar biasa, pada daging buah kurma terkandung fruktosa dan dektrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energy tubuh. Maka dari itu, buah kruma sangat bagus dikonsumsi ketika berbuka puasa karena akan dengan cepat mengisi energi yang hilang setelah berpuasa seharian.
Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, ternyata kurma memiliki daftar nutrias yang sangat luar biasa. Kurma matang mengandung 80% gula, dan sisanya adalah protein, lemak dan berbagai produk mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kurma mengandung karbohidrat, protein dan serat dengan kadar yang cukup tinggi. Selain itu kurma juga memiliki kandungan mineral seperti besi, magnesium, tembaga dan asam folat. 5 butir kurma (45gram) mengandung 115 kalori dan hampir semuanya berasal dari karbohidrat.
Khasiat Buah Kurma

Buah kurma memiliki berbagai macam khasiat yang telah dibuktikan secara ilmiah maupun secara empiris. Kaum Arab Badui yang mengkonsumsi kurma secara teratur setiap hari memiliki resiko yang sangat ekcil dari serangan penyakit kanker dan penyakit jantung. Buah kurma juga kaya akan serat sehingga dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kurma juga mengandung zat anti oksidan berupa Tanin. Tanin bermanfaat sebagai zat anti-infeksi anti-inflamasi dan anti-hemoragik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat