Minggu, 27 Mei 2012

Kesehatan : Tahukah Anda Manfaat Lidah Buaya Itu?


Manfaat lidah buaya ternyata sangat banyak. Selama ini mungkin kita hanya mengenal lidah buaya sebagai tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah dan jarang kita manfaatkan. Namun ternyata, dari hasil berbagai penelitian diketahui khasiat lidah buaya ternyata sangat banyak. Sejak dahulu, manfaat lidah buaya sering kali dipakai sebagai shampo untuk keramas oleh masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa tanaman yang tumbuh di daerah tropis ini memiliki kandungan sekitar 75 jenis zat bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa yang dapat digunakan dalam pengobatan herbal. Dengan kandungan yang demikian hebat, manfaat tanaman lidah buaya tidak hanya sebagai bahan shampo untuk keramas, namun juga bermanfaat sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Contoh manfaat lidah buaya

Beberapa contoh dari khasiat lidah buaya yang dapat kita peroleh adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Detoksifikasi Racun. Dengan cara membuat Jus Lidah Buaya, berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam lidah buaya dapat menjadi detoksifikasi (penangkal) racun dalam tubuh Anda.
  • Mengatasi Gangguan Pencernaan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kegunaan lidah buaya diantaranya adalah dapat mengatasi refluks asam dan menenangkan esophagus. Hal ini akan menghindarkan Anda dari resiko iritasi usus maupun tukak lambung, sehingga pencernaan Anda akan semakin sehat.
  • Mencegah Diabetes. Selain sebagai detoksifikasi racun, jus lidah buaya juga mengandung zat yang dapat mencegah resiko diabetes. Dengan rutin mengonsumsi jus lidah buaya, kadar gula darah Anda akan tetap terjaga dan terhindar dari serangan diabetes.
  • Membantu Gerakan Usus dalam Pencernaan. Tanaman lidah buaya mengandungAloe lateks. Zat tersebut dapat menghasilkan antrakuinon glycosidesaloin A dan B. Zat-zat tersebut memiliki manfaat sebagai obat pencahar yang kuat dan membantu gerakan usus dalam mencerna makanan.
  • Merawat Kulit dan Menjaga Berat Badan. Jangan heran apabila jus lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit. Bahkan, jus lidah buaya juga dapat menurunkan berat badan. Berbagai manfaat tanaman lidah buaya ini telah digunakan oleh nenek moyang kita selama bertahun-tahun.


Berbagai manfaat lidah buaya tersebut dapat Anda coba dirumah. Selain dari kelima contoh diatas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat lidah buaya yang tidak bisa saya sebutkan disini. Itulah tanda kekuasaan Tuhan yang luar biasa ada pada sebuah tanaman lidah buaya. Maka, marilah kita manfaatkan dan kita lestarikan dengan sebaik-baiknya tanaman-tanaman yang ada disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat