Minggu, 27 Mei 2012

Kesehatan : Makanan Yang Mengandung Zat Besi Penting Untuk Pertumbuhan


Makanan yang mengandung zat besi sangat penting untuk dikonsumsi terutama bagi para remaja. Pada usia remaja, kekurangan zat besi merupakan permasalahan gizi yang sering kita jumpai. Proses pertumbuhan yang cepat, gaya hidup remaja, serta kekeliruan dalam memilih makanan dapat mengakibatkan remaja mengalami anemia karena kekurangan zat besi, terutama pada remaja putri yang telah mengalami menstruasi. Kekurangan zat besi dapat diatasi atau dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Beberapa diantaranya adalah daging merah, buah kering, roti, sereal, dan sayuran berdaun hijau.

Makanan Yang Mengandung Zat Besi: Daging Merah dan Sayuran

Salah satu sumber zat besi adalah daging merah. Meski akhir akhir ini daging merah sering mendapat reputasi buruk tapi makanan yang sangat kaya akan zat besi ini mampu membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah Anda. Daging merah kaya akan zat besi heme, yang bisa dengan mudah diserap oleh tubuh kita. Tapi perlu diingat bahwa mengkonsumsi daging merah secara berlebihan justru bisa memicu perkembangan penyakit jantung. Oleh sebab itu, diet yang seimbang adalah kuncinya.

Sayur-sayuran seperti bayam, kubis, lobak, kentang, kacang polong, dan kembang kol adalah makanan yang mengandung zat besi sekaligus obat yang alami untuk meningkatkan jumlah darah. Makanan manakan tersebut mempunyai kemampuan untuk regenerasi zat besi serta mengaktifkan sel-sel darah merah dan memasok oksigen segar ke darah.

Makanan Yang Mengandung Zat Besi: Buah dan Kacang

Buah-buahan seperti kismis, buah ara kering, aprikot, apel, plum, semangka dan anggur tidak cuma bisa membantu sel-sel darah merah mengalir tapi juga mampu meningkatkan jumlah darah. Bahkan, aneka macam buah jeruk juga dipercaya bisa untuk memikat zat besi. Selain itu, hampir semua kacang mempunyai kandungan zat besi di dalamnya, walaupun ada juga beberapa jenis kacang yang tidak mempunyainya. Dari semua jenis kacang, kacang almond adalah jenis kacang yang mempunyai kandungan zat besi paling tinggi. Buah dan kacang adalah contoh ideal makanan yang mengandung zat besi.

Kesimpulan: Makanan sumber zat besi seperti daging merah, sayuran, buah, dan kacang sangat penting untuk dikonsumsi terutama bagi para remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat