Selasa, 22 Mei 2012

Kesehatan : Daun Pepaya, Pahit Tapi Pelawan Kanker


Meskipun memiliki rasa yang sangat pahit, Manfaat daun pepaya tenyata dapat digunakan untuk melawan berbagai macm penyakit, diantaranya adalah untuk melawan penyakit kanker. Beberpa ahli bahkan menyebutkan bahwa kemampuan daun pepaya untuk melawan berbagai macam penyakit tumor sangat menakjubkan. Daun pepaya yang memiliki nama latin Carica papaya merupakan tanaman yang pada awalnya berasal dari Meksiko selatan dab bagian utara Amerika Selatan. Saat ini buah pepaya telah menyebar keseluruh dunia dan banyak di tanam di Negara-negara tropis.

Manfaat buah pepaya tidak hanya diperoleh dari daging buahnya yang manis dan banyak mengandung air, tetapi juga dari daunya. Manfaat daun pepaya telah banyak digunakan untuk kesehatan maupun pengobatan, tetapi melalui uji klinis dari beberapa ahli disimpulkan bahwa daun pepaya bisa digunakan untuk melawan berbagai jenis penyakit tumor ataupun kanker terutama adalah kanker serviks.
Manfaat Daun Pepaya Serta Kandunganya

Manfaat daun pepaya telah diteliti oleh peneliti Nam Dang dari Universitas Florida dan rekannya dari Jepang yang telah berhasil mempublikasikan temuan mereka bahwa ekstrak daun pepaya sangat efektif untuk melawan kanker serviks. Khasiat daun pepaya seperti dalam riset yang dilakukan oleh Nam Dang adalah mampu menghasilkan molekul Th1 tipe sitokin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan atau system imun tubuh. Molekul ini yang akan membantu sistem imun tubuh mempertahankan diri dari serangan sel-sel kanker yang sellalu berupaya untuk menggerogoti system kekebalan tubuh.

Para ahli mengatakan bahwa daun pepaya tidak memiliki efek toksik maupun racun yang berbahaya bagi tubuh, sehingga tidak memberikan efek bahaya bila digunakan sebagai terapi dalam pengobatan penyakit kanker. Khasiat daun pepaya telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional di berbagai Negara khususnya di Negara-negara yang banyak ditumbuhi tanaman pepaya seperti di Indonesia, Vietnam maupun Australia.

Khasiat daun pepaya disebabkan oleh banyak hal, daun pepaya mengandung senyawa karpain yaitu alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan kandungan senyawa ini daun pepaya tak hanya mampu untuk melawan tumor dan kanker, tetapi juga mampu membunuh mikroorgaisme yang ebrbahaya bagi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat