Senin, 21 Mei 2012

Kesehatan : Manfaat Buah Pepaya


Pepaya (Carica Papaya) merupakan buah yang sangat familiar bagi kita terutama orang Indonesia. Buah ini memiliki 1001 manfaat yang sangat baik bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh kita. Tahukah Anda, bahwa manfaat pepaya ini sudah tersohor sejak zaman nenek moyang kita.Pepaya juga telah dikenal sebagai tanaman obat yang mujarab di seluruh penjuru dunia. Manfaat pepaya tidak hanya bisa kita dapatkan melalui buahnya saja, namun hampir diseluruh bagian tanaman ini terdapat manfaat/khasiat yang sangat berguna.
Manfaat Buah Pepaya

Manfaat pepaya yang sering kita peroleh adalah dari buahnya. Buah pepaya mengandung berbagai macam enzim, vitamin, maupun mineral. Vitamin yang banyak terkandung dalam buah pepaya ini diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin E.

Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah untuk mempercepat proses pencernaan protein karena buah ini mengandung enzim papain.Enzim papain ini memiliki fungsi yang sangat banyak, seperti memecah protein menjadi arginin, dan memecah makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino sehingga dapat diserap oleh tubuh.
Manfaat Daun Pepaya

Manfaat pepaya tidak hanya ada pada buahnya saja, manfaat pepaya dapat kita peroleh hampir di seluruh bagian tanamannya. Beberapa manfaat daun pepaya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Daun Pepaya Sebagai Obat jerawat

Apabila Anda memiliki keluhan dengan jerawat yang tumbuh di wajah Anda atau untuk merawat kecantikan, daun pepaya dapat dibuat sebagai masker.Cara membuatnya adalah: sediakan 2-3 lembar daun pepaya tua. Lalu jemur daun tersebut hingga halus dan lumatkan dengan setengah sendok air, lalu tempelkan pada bagian wajah Anda yang berjerawat.

2. Daun Pepaya untuk Menambah Nafsu Makan

Ini adalah salah satu manfaat pepaya yang mungkin masih jarang kita ketahui. Apabila anak Anda memiliki kesulitan untuk makan, Anda dapat menggunakan resep berikut ini untuk mengatasinya: Sediakan daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, lalu tambahkan air hangat dan sedikit garam. Kemudian campuran tadi Anda blender dan peras dan saring airnya. Lalu minumkan air tersebut pada Anak Anda, Insya Allah nafsu makan anak Anda akan segera normal kembali.

3. Daun Pepaya untuk Memperlancar Pencernaan.

Senyawa karpain yang terkandung dalam daun pepayamemiliki kemampuan untuk membunuh beberapa mikroorganisme yang dapat mengganggu pencernaan.

Selain beberapa manfaat yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat pepaya lainnya. Maka, jangan ragu untuk mengonsumsi buah pepaya sebagai hidangan spesial di rumah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat