Sabtu, 26 Mei 2012

Kesehatan : Manfaat Pilates Yang Harus Anda Ketahui


Manfaat Pilates sepertinya mulai dilirik para pecinta senam. Memiliki ciri gerakan tidak berulang-ulang menjadikan jenis latihan ini tantangan tersendiri. Latihan yang mengandalkan pernapasan ini memberikan kita keleluasaan untuk memodifikasi gerakan sesuai kemampuan serta kebutuhan kita. Berikut beberapa manfaatnya.

Pilates untuk Keseimbangan

Latihan ini memerlukan fokus dalam setiap gerakannya. Gerakan-gerakan tersebut cenderung akan meningkatkan keseimbangan tubuh kita. Begitu banyak gerakan latihan yang bisa dimodifikasi membuatnya menjadi terasa lebih mudah dilakukan oleh siapa saja. Tentunya keseimbangan dari tubuh tersebut diimbangi dengan manfaat pilates terhadap kemampuan tubuh dalam menyuplai oksigen. Oksigen sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika dilakukan secara teratur akan berperan ke dalam peningkatan suplai oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh

Meningkatkan Kekuatan Otot Perut

Peningkatan massa otot memang bukan fokus dari latihan ini. Fokus dari latihan adalah kekuatan. Gerakan-gerakannya mampu meningkatkan kekuatan serta fleksibilitas tubuh secara keseluruhan. Hal yang digemari oleh para wanita adalah perannya terhadap otot perut. Otot perut merupakan bagian yang terlatih dengan baik. Bagian tengan tubuh lain juga akan terlatih, seperti punggung dan dasar panggul. Dambaan hasil postur yang bagus merupakan manfaat pilates yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wanita.

Manfaat Pilates Untuk Ibu Hamil

Selain postur tubuh yang bagus, ibu hamil juga dapat merasakan manfaatnya. Ibu hamil yang tidak disarankan diet akan terjaga berat badannya jika rutin melakukan latihan. Wanita yang sedang hamil juga cenderung mudah lelah, sehingga gerakan yang dilakukan akan membantu mempertahankan stamina secaa aman. Satu hal lain yang ditakuti adalah varises dan kaki kram. Gerakan kaki saat berlatih akan melancarkan peredaran darah serta mengurangi angka kejadian kram. Sakit pinggang yang dialami juga bisa berkurang dengan latihan kekuatan otot pertu sehingga mengurangi beban di pinggang belakang. Sedangkan teknik pernapasan yang dipakai pada latihan ini akan menjaga mood selama kehamilan. Sehingga jika dilakukan dengan teratur dan tentunya dengan teknik yang benar, ibu hamil akan merasakan besarnya manfaat pilates bagi kesehatan tubuh mereka selama kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat