Minggu, 22 April 2012

Techno : Pengguna Kecewa Instagram Dikuasai Facebook


Banyak pengguna Instagram yang kecewa terkait aksi akuisisi Facebook atas Instagram. Tak hanya pengguna perangkat iOS, namun juga pengguna Android yang baru bergabung pekan lalu.

Selama satu setengah tahun lamanya, pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch  merasa eksklusif karena hanya merekalah yang bisa menggunakan Instagram. Instagram kemudian dinobatkan sebagai aplikasi terbaik 2011 di toko aplikasi online App Store.

Namun pada 4 April lalu, rasa eksklusivitas itu hilang lantaran Instagram akhirnya mendarat di platform Android. Pengguna iOS pun mencibir pengguna Android, mereka terkesan tidak rela eksklusivitas itu direnggut Android.

Dan hari ini, baik pengguna iOS dan Android sama-sama merasa kecewa karena Instagram diakuisisi oleh jejaring sosial raksasa Facebook dengan harga 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,1 triliun. Ya, pengguna Android yang baru sepekan menggunakan Instagram, juga melontarkan kekecewaannya lewat Twitter.

Kebanyakan dari mereka yang protes menyatakan akan berhenti menggunakan Instagram. Mereka tak ingin berbagi foto dengan pengguna Facebook. Intinya, mereka ingin Instagram tetap eksklusif untuk perangkat mobile berbasis iOS dan Android.

Padahal, belum ada kepastian perubahan macam apa yang terjadi dan apakah Instagram akan dilebur dengan Facebook?

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg sendiri berjanji, Instagram tidak akan dilebur begitu saja ke dalam Facebook.

Meski ada kepentingan bisnis di sana, yang akan dilakukan Facebook adalah menggali kelebihan Instagram dan menerapkannya dengan fitur serupa di Facebook. Sementara Instagram dapat memanfaatkan kekuatan teknik dan infrastruktur yang dimiliki Facebook untuk tumbuh lebih besar.

"Itulah mengapa kami berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan Instagram secara independen," ujar Mark dalam timeline akun Facebook-nya, Senin (9/4/2012).

Instagram juga dipastikan tetap bisa digunakan untuk berbagi foto ke jejaring sosial lainnya, dan tidak eksklusif di Facebook saja. Bahkan, jika pengguna Instagram tidak ingin membagikan foto ke Facebook, hal itu bisa dilakukan.

"Kami berpikir fakta bahwa Instagram terhubung dengan layanan lainnya selain Facebook merupakan bagian penting dalam pengalaman ini," kata Mark.


Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat