Minggu, 22 April 2012

Techno : Google Drive Siap Meluncur dengan Ruang 5GB Gratis


Layanan penyimpanan data online atau cloud storage saat ini sedang menjadi tren dalam industri IT.

Google pun telah lama mengembangkan layanan serupa, raksasa mesin pencari itu dikabarkan bakal meluncurkan Google Drive pada pekan depan atau akhir April 2012.

Informasi itu datang dari sumber dalam Google yang tak mau disebut namanya kepada situs teknologi The Next Web. Sontak, kabar tersebut membuat khawatir perusahaan penyedia layanan cloud populer seperti Dropbox dan Box.

Apalagi, The Next Web mewartakan, Google Drive akan memberi layanan penyimpanan data gratis sebesar 5GB. Sementara Dropbox, hanya memberi layanan gratis 2GB.

Kabarnya, Google Drive juga bisa diakses dengan komputer Mac dan Windows melalui sebuah folder khusus, seperti layanan cloud pada umumnya. Google juga memungkinkan penggunanya membeli ruang penyimpanan online tambahan. Namun harganya belum diketahui hingga kini.

Google Drive sebenarnya adalah proyek lama Google. Pada 2007, pendiri Google Larry Page dan tim pernah mengembangkan sebuah produk yang disebut G Drive. Namun produk tersebut tak urung rampung.

Selain Dropbox dan Box, Google akan berhadapan dengan perusahaan besar yang memberi layanan cloud macam SkyDrive dari Microsoft, CloudDrive dari Amazon, dan iCloud dari Apple yang telah akrab digunakan pengguna Mac dan iOS.

Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat