Minggu, 22 April 2012

Kesehatan : Gejala dan Penyebab Asam Urat

Gejala asam urat sering muncul tanpa disadari bagi penderitanya untuk itu sangatlah penting untuk mengenalinya karena penyakit ini dapat diderita oleh siapapun terutama bagi orang-orang yang kurang memperhatikan pola hidup sehat. Penyakit asam urat ini sangat mengganggu karena hampir setiap harinya penderita mengalami rasa nyeri persendian sehingga malas untuk beraktifitas. Oleh karenanya anda perlu mengetahui gejala asam urat lebih dini agar dapat mencegahnya sebelum akut.

Gejala asam urat akan ditandai dengan serangan awal yang menyerang pada persendian biasanya akan berlangsung selama beberapa hari dan kemudian menghilang sampai dengan serangan berikutnya. Gejala asam urat harus benar-benar diwaspadai untuk menghindari serangan asam urat yang lebih parah.

Gejala asam urat lainnya biasanya ditandai dengan gejala berikut ini :
1. Badan pegal pegal dan sering merasa kecapaian.
2. Rasa Kesemutan dan linu yang sangat parah
3. Nyeri otot, persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak dan bahuSendi yang terkena asam urat  terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
4. Sering buang air kecil terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
5. Jika Gejala asam urat ini juga menyerang pada daerah ginjal maka akan memicu terjadinya kencing batu sehingga penderita kesulitan untuk buang air kecil

Gejala asam urat berupa nyeri di persendian ini terjadi karena kristalisasi asam urat yang terbentuk dalam sendi-sendi perifer. Hal ini dikarenakan daerah persendian tersebut lebih dingin daripada di pusat tubuh. Dalam suhu yang dingin urat cenderung membeku. Gejala asam urat yang lain yang bisa terjadi akibat kristalisasi dalam persendian ini adalah rasa kesemutan yang sangat parah.
Penyebab Penyakit Asam Urat

Meningkatnya kadar purin dalam tubuh merupakan penyebab utama terjadinya asam urat baik yang berasal dari makanan maupun dari gangguan metabolisme. Jika asam urat berlebihan dan terjadi penumpukan dalam persendian maka akan menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Purin merupakan  zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang dapat bersumber dari sayuran dan buah-buahan, ketika kita mengkonsumsinya maka zat purin tersebut akan berpindah ke dalam tubuh kita. Selain itu purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Sehingga menjadi penyebab utama penyakit asam urat karena asam urat sendiri merupakan sisa  metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. dan juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah




Sumber : www.metris-community.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat