Kamis, 10 Mei 2012

Wisata : Krakal, Pesona Pantai Selatan Yang Tak Tersentuh

Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan pantai Kukup. Jarak pantai Krakal dari Yogyakarta lebih kurang 65 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. 

Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga melintasi bukit - bukit kapur, diselingi dengan teras - teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah karst yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu - batuan karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yanghidup di air laut saat itu.

Pantai Krakal merupakan pantai yang paling indah, di antara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing, semacam tourist resort Nusa Dua di pulau Bali. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 kilometer. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar.




Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak aset panorama wisata alam yang luar biasa indah. Panorama indah tersebut menjadi objek wisata yang menarik dikunjungi wisatawan nusantara (wisnu) pada umumnya dan wisatawan mancanegara (wisman). Salah satu wisata alam yang paling dicari dan selalu ingin dikunjungi oleh wisatawan adalah pantai. Pantai memiliki daya tarik yang sangat luar biasa untuk wisatawan dikarenakan keindahannya yang tiada duanya.

Pantai Kuta di Bali, Pantai Losari di Makasar, Pantai 3 gili di Lombok dan sebagainya adalah pantai yang sudah tidak asing lagi di dengar dan sering di kunjungi oleh para wisatawan yang ingin mencari indahnya pesona laut. Semua pantai tersebut di kenal dan dikatahui oleh wisatawan tidak lepas dari peran pemerintah daerah untuk mengelola dengan baik serta selalu disosialisasikan melalui media cetak dan elektronik sehingga banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang beramai-ramai untuk menikmati keindahannya sambil bersantai bersama keluarga, calon istri, pacar, bahkan iseng-iseng untuk berkenalan dengan bule (orang luar negeri) untuk dikencani.

Namun apa jadinya bila pantai yang indah panorama alamnya tidak dikelola oleh pemerintah daerah setempat? Pemerintah daerah tidak pernah mensosialisasikan? Kendaraan untuk menuju lokasi tidak tersedia? Pantai yang indah panoramanya apabila tidak di dukung dengan oleh pemerintah, tidak disosialisasikan dan tidak ada kendaraan untuk menuju kesana maka sudah di pastikan pantai yang indah tersebut akan sepi pengunjung bahkan bisa terabaikan.

Di Yogjakarta, Pantai Parang Tritis merupakan salah satu tempat wisata pantai yang di kenal oleh para wisatawan. Namun pantai tersebut saat ini sudah kotor dan sudah tercemar dengan adanya limbah sampah sehingga pantainya terlihat kumuh. Selain Pantai Parang Trisi , di Yogjakarta terdapat pesona pantai yang masih alami dan panorama alam yang sangat indah yaitu Pantai Krakal.

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 3 Km di sebelah timur dari deretan Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini. Pantai Krakal merupakan pantai terpanjang di bandingi pantai lainnya dengan keindahan bentangan pasir putih yang landai, batu karang yang indah, air yang jernih sehingga memiliki nilai eksotis yang dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara.
Walaupun Pantai Krakal memiliki nilai eksotis yang tinggi dan tidak kalah dari Pantai Kuta di Bali dan Pantai 3 gili di Lombok, namun Pantai Krakal tidak akan bisa besar dan dikenal oleh wisatawan dikarenakan pantai ini tidak didukung oleh pemerintah setempat guna untuk di sosialisasikan. Seharusnya pemerintah setempat bisa berpikir keras untuk bisa mensosialisasikan kepada masyarakat luas melalui media cetak dan media elektronik, bahwa di daerah Gunungkidul terdapat tempat wisata pantai dengan panorama yang indah. Apabila Pantai Krakal sudah di sosialisasikan dan diketahui oleh para wisatawan pencari keindahan laut, maka akan mendatangkan keuntungan bagi penduduk sekitar untuk mendapatkan penghasilan lebih dan juga menjadi pendapatan bagi daerah setempat.

Lokasi Pantai Krakal yang sangat jauh dari kota, membuat wisatawan untuk berfikir dua sampai tiga kali untuk mau mengunjungi pantai tersebut. Seharusnya pemerintah menyediakan atau membangun hotel di sekitar Pantai Krakal guna menyedot wisatawan untuk datang serta dapat menikmati Pantai Krakal berhari-hari guna melihat panorama pagi, siang dan malam di Pantai Krakal.

Para wisatwan biasanya datang ke suatu tempat untuk menikmati keindahannya tidak datang dengan kendaraan pribadi apalagi wisatawan mancanegara. Lokasi yang jauh akan menyulitkan wisatawan untuk sampai ke lokasi yang dituju. Sampai saat ini, kendaraan umum yang layak dan nyaman menuju Pantai Krakal dari Kota Yogyakarta belum tersedia bahkan tidak ada sama sekali kecuali kita menyewa mobil atu kendaraan umum.

Seharusnya pemerintah cepat tanggap dengan kondisi seperti ini. Menyediakan alat transportasi darat seperti Trans Krakal dan sebagainya menjadi langkah awal guna mengantarkan para wisatawan ke Pantai Krakal. Dengan adanya alat transportasi darat ini, umumnya untuk wisatawan akan memudahkan mereka untuk sampai ke tujuan dan khususnya bagi pemerintah daerah bisa menambah pendapatan daerahanya.

Pantai Krakal yang kaya akan keindah pesona lautnya yang dikelilingi dengan batu tumbuh karang serta keindahan hewan lautnya seperti bintang laut, ikat-ikan, batu karang, rumput laut dan lain-lainya harus di ketahui oleh wisatwan lokal dan mancanegara, agar Pantai Krakal bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Indonesia. Pemerintah setempat di dukung dan bekerja samadengan Menteri Pariwisata harus cepat tanggap guna mensosialisasikan dan mengembangkan Pantai Krakal agar dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Deaerah sekitar Pantai Krakal juga harus di kelola dengan baik seperti membangun hotel atau tempat penginapan serta di bangun transportasi darat guna memudahkan wisatawan sampai ke lokasi.

Pantai Krakal yang memiliki keindahan alamnya jangan di abaikan, akan tetapi harus di sosialisasikan dan diberdayagunakan oleh pemerintah daerah bekerjasama dengan pemerintah pusat khususnya Mentri Pariwisata. Semoga Pantai Krakal bisa menjadi lokasi tujuan wisawatan lokal dan mancanegara serta dapat mengharumkan nama Indonesia di mata dunia khususnya bidang pariwisata.

Tips : 
  • Jika akan berlibur ke Krakal secara rombongan, usahakan jangan memakai Bus yang besar karena jalanan lumayan sempit, cobalah memakai minibus. Apalagi saat musim liburan, Anda akan mengalami kemacetan yang luar biasa.. Karena saya sudah mengalami sendiri..
  • Saya sarankan untuk memakai mobil atau sepeda motor jika memang dekat lokasinya..
  • Isi penuh bensin Anda, karena sepanjang jalan jarang ada Pom Bensin, Penjual bensin eceran.
  • Cek Rem kendaraan Anda, karena Jalanannya naik turun dan begitu curam.
  • Usahakan bawa alat penerangan, karena sebagian disana belum ada listrik.
  • Disana tidak ada sinyal telepon, untuk mendapat sinyal, naik ke bukit yang agak tinggi.

JAM BUKA
Buka setiap hari.

TIKET MASUK
Sepeda motor : Rp 1.000,00
Mobil : Rp 2.000,00

Jika kita mau menguncungi Krakal, maka kita ikut melestarikan Pantai2 Indonesia yang jarang di kunjungi, jika kita kesana maka kita juga ikut mebantu perekonomian asyarakat pesisir pantai Selatan.. Terima Kasih

Happy Holiday

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat