Rabu, 06 Juni 2012

Kesehatan : Pintar Dalam Memilih Daging Ayam Yang Sehat



Selain daging sapi, adapula daging ayam yang tak kalah berkhasiat bagi tubuh kita. Daging ayam selain enak dan gurih juga memiliki manfaat yang positif bagi tubuh kita. Seperti daging lainnya, ayam juga bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan. Dari olahan yang kering hingga yang basah penuh bumbu. Namun perlu diketahui juga bahwa manfaat ayam dapat dirasakan jika dalam pengolahannya serta bumbu yang digunakan tidak terlepas dari nilai gizi. Dagingnya dapat diolah menjadi ayam goreng, ayam kukus, nugget ayam, dan kuah sop ayam. Rasanya memang sungguh menggugah selera makan kita. Namun daging yang tidak mengandung kolesterol biasanya terdapat pada bagian dada ayam.

Lima Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam

Slain rasanya yang enak, daging ayam juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ayam mengandung asam amino carnocyn yang merupakan nutrisi alam dan hanya terdapat pada ayam. Dengan mengkonsumsinya dapat menghilangkan gejala diare, meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia, serta membantu meningkatkan ketidakseimbangan hubungan antara kerja limpa dan pankreas. 9 asam amino yang terdapat dalam daging ayam membantu pergantian sel-sel yang rusak serta membantu pertumbuhan. Selain itu ayam juga bermanfaat sebagai penyimpanan zat besi pada tubuh sehingga terhindar dari penyakit anemia.

Cara Memilih Daging Ayam Yang Baik Dan Sehat

Memilih daging ayam harus berkriteria sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Daging ayam yang sehat memang menjadi pilihan yang tepat bagi siapapun. Ayam yang sehat biasanya memiliki daging berwarna putih keabuan dan cerah, warna kulitnya biasanya kekuningan dan bersih. Daging terasa lebab ketika disentuh dan tidak lengket. Serat pada daging akan terasa halus dan mudah untuk dikunyah serta pada saat penggilingan daging. Namun perlu diketahui juga jangan sampai kita tertipu dengan ayam yang harganya lebih murah sebab bisa jadi ayam tersebut ayam TIREN atau mati kemaren.

Mengenali Kerusakan Daging Ayam

Ayam bisa saja rusak pada dagingnya, dengan begitu sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi oleh kita. Ciri-cirinya dapat dikenali dari perubahan tekstur dagingnya yang lengket pada bagian tertentu, adanya warna yang gelap pada bagian ujung sayap. Selain itu proteinnya juga bisa rusak seperti mengeluarkan bau busuk, kerusakan pada struktur jaringan serta warna daging ayam yang tidak normal atau kusam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat