Jumat, 29 Juni 2012

Kesehatan : Beras Organik Alternatif Pola Hidup Sehat


Beras organik rupanya saat ini mulai dilirik oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang peduli akan kesehatan atau mereka yang selalu mengikuti tren gaya hidup sehat. Semakin maraknya bentuk produk pertanian yang berbasis teknologi dengan mengangkat tema organik tentu semakin mendukung munculnya berbagai bahan makanan, seperti sayur, buah, dan bahkan kali ini beras dengan nama “organik” juga muncul. Tidak hanya trend saja yang mendasari mengapa masyarakat memilihnya, namun juga semakin meningkatnya prevalensi penyakit–penyakit akibat gaya hidup.

Keunggulan Beras Organik

Mengenai keunggulan beras organik dalam bidang pertanian sendiri adalah meminimalkan atau bahkan menghilangkan sama sekali residu–residu pestisida dan zat kimia berbahaya lainnya. Tentu hal ini juga berpengaruh dalam bidang kesehatan karena kualitas beras sendiri semakin baik. Semakin sedikit mengandung zat kimia tentu mengurangi risiko penyakit–penyakit akibat zat kimia seperti pestisida.

Penyakit–penyakit akibat gaya hidup yang kurang sehat juga mampu ditangani atau dicegah oleh beras organik. Beras ini dapat mencegah terjadinya sembelit dan tentu cocok untuk menu diet. Selain itu mampu mencegah penyakit pada saluran pencernaan, meningkatkan perkembangan otak, dan mampu menurunkan kolesterol darah. Penyakit lain yang berkenaan dengan gaya hidup seperti penyakit jantung juga dapat ditangani. Penyakit kanker dan degeneratif ternyata juga mampu ditangani dan menjadi alasan mengapa beras jenis ini lebih unggul.

Kandungan Zat pada Beras Organik

Memiliki khasiat pada bidang kesehatan yang lebih tentu dapat dijelaskan dengan mengetahui kandungan dari beras jenis ini. Kandungan utama yang dimiliki oleh setiap beras adalah vitamin B1, dimana pada beras jenis ini memiliki kandungan lebih tinggi dibanding dengan beras putih biasa. Kandungan mineral yang ada juga lebih tinggi. Kandungan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular atau jantung juga lebih banyak dikandung. Selain itu alasan mengapa beras ini cocok untuk menu diet adalah karena mengandung banyak serat. Selain itu serat juga bermanfaat untuk mencegah sembelit sehingga pencernaan menjadi semakin lancar. Kandungan lain yang menjadikan beras organik diunggulkan adalah karena kaya akan asam amino.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat