Minggu, 17 Juni 2012

Kesehatan : Bahaya Dan Pencegahan Anemia Pada Kehamilan


Anemia pada kehamilan juga sering dialami oleh wanita. Hal ini merupakan kondisi dimana seseorang mengalami pengurangan tekanan darah merah yang kurang dari normal. Anemia kehamilan adalah anemia yang disebab karena kurangnya zat besi biasanya memang lebih sering diidentikkan pada kesejahteraan sosial seseorang. Anemia kehamilan juga dapat membahayakan ibu dan janin, untuk itu hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus dan serius. Jika seorang wanita hamil mengalami hal demikian, maka kesehatannya pun akan terganggu, dan wajah mereka juga akan terlihat pucat dan mudah lelah. Untuk itu sedini mungkin anemia di masa kehamilan harus diminimalisir agar tidak membahayakan kesehatan si ibu dan janinnya.

Jenis-Jenis Anemia Selama Masa Kehamilan

Adapun jenis-jenis anemia pada kehamilan dapat diketahui oleh para ibu seperti anemia defisiensi besi, anemia jenis ini dialami selama masa kehamilan dan masa nifas. Kondisi demikian terjadi defisiensi besi dan kehilangan darah akut. Adapula anemia akibat perdarahan akut, anemia jenis ini terjadi ketika masa nifas, solusio plasenta dan plasenta previa dapat menjadi sumber perdarahan serius dan anemia sebelum atau setelah melahirkan. Ada lagi anemia pada penyakit kronik, gejala yang ditimbulkan biasanya tubuh akan terasa lemah, penurunan pada berat badan, wajah pucat. Selain itu ada pula anemia megaloblastik atau defisiensi vitamin B12, hal ini disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 selama masa kehamilan, adanya kegagalan dalam proses penyerapan vitamin B12 karena tidak ada faktor pendukung dari dalam.

Efek Langsung Dari Anemia Pada Kehamilan

Adapun efek yang ditimbulkan ketika ibu mengalami anemia pada kehamilan yaitu tubuh akan terasa lemah, lesu dan tidak bersemangat. Pusing atau sakit pada bagian kepala juga menjadi bagian dari efek anemia. Kondisi janin pun juga akan terganggu, perkembangannya pun juga akan terhambat sebab darah yang berkurang dalam tubuh. Selain itu dapat mengancam proses persalinan jika tidak segera ditangani.

Cara Mengatasi Anemia Pada Kehamilan

Wanita hamil memang cenderung dan rentan akan berbagai gangguan kesehatan. Anemia memang sring terjadi pada wanita hamil, untuk itu sebagai solusi pencegahan terjadinya anemia yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, rutin minum air putih, tidak bekerja keras agar meminimalisir kelelahan. Selain itu ibu juga harus mengkonsumsi buah dan sayur serta selalu berkonsultasi pada dokter atau bidan. Penanganan yang sedini mungkin dapat mencegah terjadinya anemia pada kehamilan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat