Rabu, 20 Juni 2012

Kesehatan : Daun Suji Sebagai Tanaman Herbal


Daun kayu sugih lebih dikenal dengan daun suji. Ada juga yang menyebutnya sebagai daun pandan suji. Biasanya masyarakat memanfaatkannya sebagai pewarna makanan seperti kue–kue atau jajanan pasar. Biasanya warna hijau yang didapat dari daun ini digunakan dengan cara menghaluskan daun dan menyampurkannya dengan air. Selain itu suji ternyata memiliki manfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Sebagai salah satu tanaman yang memiliki khasiat tentu dapat dijadikan alternatif pengobatan herbal atau pengobatan herbal.

Kandungan dan Manfaat Daun Suji

Kandungan kimia dari daun suji di antaranya adalah adalah saponin dan flavonoid. Mengenai efek farmakologis dari daun yang memiliki rasa pahit, berbau harum, dan bersifat dingin. Mengenai manfaatnya sendiri, banyak penyakit dapat ditangani dengan pemberian daun ini. Penyakit–penyakit tersebut adalah disentri, beri–beri, kencing nanah, dan nyeri haid.

Pengolahan Daun Suji

Mengenai pengolahannya untuk disentri dan beri–beri kita dapat mengolah daun suji secara sederhana yakni dengan cara mencuci bersih daun segar kemudian merebusnya. Air rebusan disaring dan didinginkan kemudian siap dikonsumsi. Untuk disentri dan beri–beri kita minum satu gelas per hari. Sedangkan untuk kencing nanah dengan cara yang sama namun diminum sebanyak setengah gelas dua kali sehari.Kemudian untuk para wanita yang mengalami masalah pada siklus bulanannya. Dapat memanfaatkan daun ini dengan cara yang sama yakni merebus daun suji dan meminum air daun tadi setelah dingin sebanyak 1 gelas perharinya.

Perawatan Tumbuhan Suji

Tentu jika kita memilih tanaman ini sebagai salah satu koleksi tanaman herbal yang kita miliki, maka kita harus mengetahui bagaimana cara merawat dan mengembangbiakkannya. Cara mengembang biakannya kia dapat memilih untuk dicangkok, diokulasi, atau kita dapat menggunakan bijinya. Namun hasil yang terbaik adalah dengan cara teknik okulasi. Tumbuhan ini dirawat dengan cara menyiramnya dengan air yang cukup, menjaga tingkat kelembapannya, dan tentu seperti tanaman lain kita harus memupuknya pula dengan pilihan pupuk organik. Jangan lupa tumbuhan ini memerlukan banyak air dan perlu ditempatkan pada tempat yang tidak banyak terkena sinar matahari agar tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun suji yang bagus dan memiliki khasiat yang diharapkan pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat