Sabtu, 30 Juni 2012

Kesehatan : Kacang Tanah Kaya Akan Kandungan Zat Bermanfaat


Kacang tanah merupakan jenis makanan yang juga banyak digemari oleh setiap orang. Kacang tanah atau dalam bahasa Latin ialah Arachis Hypogea L ini merupakan jenis dari spesies kacang-kacangan yang berhubungan dengan Fabaceae. Jenis kacang ini berasal dari Amerika Selatan, kacang ini banyak tumbuh sebagai tanaman tropika. Pertumbuhannya membentuk perdu-perdu yang tingginya mencapai 30 sampai 50 cm atau sekitar 1 hingga 1 setengah kaki. Kacang tanah banyak memiliki daun-daun yang ukurannya kecil. Kacang ini juga dikenal sebagai kacang yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Namun ada sebagian orang menganggap jika memakan kacang ini dalam jumlah banyak maka dapat menyebabkan jerawat.

Hasil Olahan Dari Kacang Tanah

Kacang tanah memang telah menjamur dan menjadi makanan yang biasa dapat ditemukan dimana saja. Selain rasanya yang gurih, kacang ini juga memiliki manfaat serta dapat diolah menjadi sajian yang enak pula. Kacang jenis ini umumnya akan tumbuh didalam tanah, jumlah daun yang sangat banyak dan tumbuh diatas permukaan tanah. Kacang ini bisa kita konsumsi secara langsung tanpa harus diolah sebelumnya, seperti dengan cara direbus, di bakar, digoreng atau dihancurkan hingga menyerupai bubuk. Kacang ini juga bisa diolah menjadi selai kacang yang biasa dipadukan dengan roti atau selai buah lainnya. Semua itu tergantung bagaimana selera dan cara pengolahannya kita.

Kandungan Zat Dalam Kacang Tanah

Selain rasanya yang gurih dan enak, rupanya tanaman jenis tropika ini juga memiliki kandungan zat yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kacang tanah sangat kaya akan lemak sebab didalam daging kacang terdapat zat lemak yang mengikatnya. Namun jangan khawatir sebab kacang ini juga memiliki unsur zat yang berguna bagi tubuh kita seperti protein, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan fosforus, vitamin A dan K, lesitin serta kolin. Perlu diketahui juga kandungan zat protein dalam kacang ini sangat tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya seperti daging, telur dan kacang soya.

Manfaat Kacang Tanah 

Kacang tanah ini tidak hanya kaya akan rasa yang gurih dan enak namun memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh kita. Seperti mampu mempertahankan sistem ketahanan tubuh seseorang sehingga dapat mencegah beberapa penyakit. Bahkan kabarnya, mengkonsumsi satu ons kacang jenis ini selama lima kali dalam seminggu mampu mencehag intensitas penyakit jantung. Dalam kacang ini pun juga terdapat kandungan omega 3 dan fitosterol yang bisa menekan laju peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Namun tetaplah untuk mengkonsumsi kacang tanah ini sesuai aturan dan keperluan kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat