Sabtu, 30 Juni 2012

Kesehatan : Cabe Bermanfaat Jika Sesuai Takaran



Cabe adalah salah satu bahan penyerta dalam masakan yang sering digunakan sebagai bumbu ataupun sambal. Rasanya yang pedas dan gurih tentu mengundang lidah kita untuk mencicipinya. Bahkan kebanyakan orang memang lebih menggemari hidangan masakan yang pedas dari cabe serta sambal. Tentu nikmat jika dimakan dalam berbagai olahan seperti sambal, kuah, tumisan, gorengan dan lain sebagainya. Cabe yang bagus biasanya berwarna merah menyala atau berwarna hijau tua. Tanaman ini juga memiliki banyak jenis, ada yang besar dan kecil ada yang bentuknya lurus adapula yang berbentuk keriting.

Pedas, Cabe Memiliki Manfaat

Selain terkenal dengan rasanya yang memang pedas, cabe rupanya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat cabe sebagai penyembuh luka, peredam demam tinggi, meredakan pilek dan hidung tersumbat, mencegah stroke, meringankan sakit kepala dan nyeri sendi, serta meningkatkan nafsu makan. Mengkonsumsi cabe memang sangat baik bagi kesehatan, asalkan tidak berlebihan. Sebab dalam jumlah yang berlebih dapat membuat sakit perut alias mencret. Sebaiknya mengkonsumsi tanaman yang satu ini sesuai dengan takaran dan tetap memenuhi nilai gizi. Dapat disertakan dalam bahan masakan, sambal kuah soto dan rujak.

Manfaat Cabe Sebagai Mencegah Penuaan Dini

Rupanya cabe juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini serta menangkal radikal bebas. Cabe memiliki antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Mengandung vitamin C yang baik untuk mencegah sariawan, membuat kulit menjadi halus dan terawat. Bukankah penuaan dini membuat seseorang tidak percaya diri, kondisi kulit yang kering akan mengakibatkan pengerutan bahkan kulit tidak segar. Untuk itu mengkonsumsi cabe sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Selain itu tanaman ini berfungsi untuk mengatasi ketidaksuburan serta afrodisiak.

Kandungan Gizi Pada Cabe

Didalam tanaman yang memiliki rasa pedas ini banyak mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu terdapat pula vitamin A, B10, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, serta, besi dan niacin. Untuk itulah tanaman ini sangat berguna bagi kehidupan manusia. Tetapi perlu diingat mengkonsumsi cabe tidak boleh berlebihan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat