Rabu, 27 Juni 2012

Kesehatan : Kandungan Gizi Wortel untuk Kesehatan yang Maksimal


Kandungan gizi wortel sangat tinggi, karenanya, sangat disarankan untuk mengkonsumsi wortel dalam menu sehari-hari kita. Jika kita mempunyai budget khusus untuk vitamin A, seperti jika kita ingin memperbaiki padangan kita, maka mulai saat ini, lupakan konsumsi pill vitamin A karena konsumsi wortel yang rutin dapat mengatasi masalah mata kita. Bukan hanya mata, tetapi selutruh tubuh kita bisa mendapatkan manfaat wortel. Banyak sekali manfaat wortel seperti pencegah kanker, kulit yang cantik, pengurang tanda penuaan dan lain sebagainya.

Memperbaiki Pengelihatan

Kandungan gizi wortel yang sangat kaya vitamin A memang sudah sangat dikenal. Karenanya, wortel dikenal dengan manfaatnya untuk memperbaiki pengelihatan. Wortel mempunyai kandungan beta-karoten yang tinggi yang akan diubah di hati menjadi vitamin A. Vitamin A diubah di retina menjadi rhodopsin, pigmen berwarna ungu yang sangat dibutuhkan terutama untuk melihat pada malam hari. Beta karoten juga sangat bermanfaat untuk mencegah katarak, Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengkonsumsi beta karoten mempunyai resiko katarak 40% lebih rendah.

Mencegah Kanker dan Penuaan Dini

Berdasarkan penelitian, kandungan gizi wortel yang berupa facarino dan falcarindiol dapat sangat membantu untuk mencegah kanker. Kedua kandungan ini adalah zat anti kanker yang dapat mencegah kaker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus. Wortel mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sell dan memperlambat penuaan sel. Vitamin A dan antioksidan akan mempercantik kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Berbagai Macam Manfaat Wortel

Selain yang sudah disebutkan di atas, wortel juga mempunyai banyak manfaat lain seperti sebagai masker untuk kulit yang cantik, pencegah sakit jantung, membersihkan racun dari tubuh, membuat gigi dan gusi lebih sehat, mencegah stroke dan lain sebagainya. Wortel bisa diolah dengan berbagai macam cara seperti direbus, menjadi salah satu bahan makanan, dimakan mentah, diblender menjadi juice dan lain sebagainya. Satu hal yang harus kita perhatikan dalam mengolah wortel adalah kadar kematangan dalam memasak. Akan lebih baik jika wortel dimasak setengah matang. Dengan begitu, kita dapat menjaga kandungan gizi wortel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat