Kamis, 21 Juni 2012

Kesehatan : Manfaat Daun Katuk Bukan Hanya untuk ASI


Manfaat daun katuk sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Tanaman ini memang sangat dikenal sebagai tanaman yang dapat melancarkan air susu ibu, tetapi sebenarnya daun katuk mempunyai manfaat yang jauh lebih besar daripada melancarkan ASI. Daun katuk adalah tamanan Indonesia yang bisa diolah sebagai makanan. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tanaman ini sebenarnya dapat menjadi sayuran yang dikonsumsi sehari-hari. Maka dari itu, pastikan untuk mempertimbangkan untuk memasak daun katuk sebagai menu harian kita. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumi daun katuk.

Khasiat Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI

Banyak sekali manfaat daun katuk dan pastinya, manfaat yang paling dikenal adalah sebagai pelancar ASI. Ibu menyusi dapat mengkonsumsi daun katuk bahkan sebelum melahirkan agar ASI melimpah bahkan pada hari pertama melahirkan. Dengan begitu, bayi yang dilahirkan tidak akan kekurangan ASI yang sangat dibutuhkan. Daun katuk juga sangat bermanfaat untuk membersihkan darah. Jika darah kita bersih, maka kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat seperti badan yang bersih dari jerawat dan bisul. Daun ini juga sangat bermanfaat untuk membangkitkan vitalitas seksual dan mencegah osteopororsis.

Kolagen di Daun Katuk

Manfaat daun katuk sangat tinggi dengan kandungan gizinya yang melimpah. Selain mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, daun katuk juga mempunyai senyawa yang berfungsi untuk membentuk kolagen. Kolagen adalah protein berserat yang berfungsi sebagai pembentuk jaringan ikat tulang, pengangkut elektron dan lemak. Kolagen juga berfungsi sebagai pengatur level kolesterol, penjaga kesehatan gusi, pemacu imunitas dan penyembuh luka. Kolagen juga dapat meningkatkan kerja otak.

Manfaat Daun Katuk Selain Untuk ASI

Daun katuk mempunyai kandungan vitamin A yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan sel, pencegah penyakit mata, peningkat sistem kekebalan tubuh dan penjaga kesehatan kulit. kadar kalsium yang tinggi menjadikan daun katuk sangat bermanfaat untuk anak-anak dan orang dewasa. Terdapat tujuh senyawa aktif di daun katuk yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Kandungan klorofil yang tinggi pada daun katuk juga bermanfaat untuk mengatasi virus, bakteri dan parasit. Jika kita belum pernah mengkonsumsi daun katuk, pastikan untuk mencobanya dengan pertimbangan manfaat daun katuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat