Sabtu, 13 Oktober 2012

Kesehatan : Manfaat Tanaman Andong


Andong yang memiliki nama latin cordyline Fruticosa memiliki banyak manfaat bagi tubuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Andong merupakan tumbuhan perdu tyegak yang memiliki sedikit atau jarang bercabang. Andong banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk daun yang bagus.

Tanaman andong berasal dari asia timur dan terdapat di dataran rendah sampai 1.900m diatas permukaan laut. Daun muda yang berwarna hijau biasa dimakan sebagai sayuran dan bila menanak nasi dengan bungkusan daun yang tua memberikan rasa yang sedap. Tanaman andong biasanya diperbanyak dengan stek atau pemisahan tunas.Andong memiliki batang bekas daun rontok berbentuk cincin, daun tunggal, ada yang berwarna merah kecoklatan, dan ada yang berwarna hijau. Helaian daun panjang berbentuk lanset, panjang 30 – 50 cm, lebar 5 – 10 cm dan pangkalnya runcing.
Sifat kimiawi dan efek farmakologis dari andong yaitu: manis ambar, sejuk,. Menyejukkan darah, menghentikan perdarahan ( hemostatik ), menghilangkan bengkak karena memar ( anti  swelling ). Bagian yang biasanya dipakai adalah bunga, daun dan akar.
Berbagai manfaat dari tanaman andong antara lain:
  1. TBC paru dengan batuk darah
  2. Abortus yang mengancam ( threatened abortion ), menstruasi yang banyak (menorhagia ), air kemih berdarah ( hematuria ), wasir berdarah.
  3. Diare, dysdentri, nyeri lambung dan ulu hati, luka berdarah
Adapun cara pemakaian dari tanaman andong adalah sebagai berikut:
  1. Air kemih berdarah, TBC paru, batuk berdahak, tidak datang menstruasi  (amenorrhea) 60-100 gr daun segar atau 30-60 gr akar kering direbus, minum
  2. Diare, disentry 60-100 gr daun segar atau 10-15 gr bunga kering direbus, minum
  3. Radang gusi, Kulit batang dikikis, beri sedikit garam dan dioleskan pada tempat yang sakit
Meskipun memiliki banyak manfaat masih sedikit orang yang menggunakan tanaman andong untuk obat. Biasanya andong hanya digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Semoga dengan tulisan ini kita bisa memanfaatkan tanaman andong untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat