Jumat, 12 Oktober 2012

Kesehatan : Gaya Hidup Tak Sehat Dapat Memicu Penyakit


gaya hidup sehat
Tidak ada orang yang akan menyangkal bahwa kesehatan adalah sumber dari semua kebahagiaan. Anda tidak akan menikmati apapun tanpa tubuh yang sehat. Itulah sebabnya banyak orang kaya yang mau membayar berapapun untuk bisa menjadi sehat namun tidak ada satupun orang waras yang mau diberi kekayaan namun terus berada dala kesakitan. Jika dalam keadaan kurang sehat, hidup pasti akan terasa kurang berwarna. Hidup seperti terkurung dalam penjara yang tidak tampak, yakni penyakit itu sendiri. Tanpa kesehatan anda tidak bisa menyantap makanan dengan nikmat. Jika sehat, anda dapat mengoptimalkan waktu dan hidup anda untuk mencintai dan dicintai oleh orang-orang di sekitar kita.
Namun banyak orang yang tidak sadar bahwa kesehatan itu penting dan mengabaikannya. Banyak diantara mereka mengorbankan kesehatan demi kekayaan, dengan bekerja terus tanpa henti. Padahal jika dapat pun kekayaan itu tidak akan bisa membeli kembali kesehatannya. Itupun jika berhasil kaya. Jika tidak apalah daya uang tak punya, kesehatan juga. Begitu malang nian nasibnya. Banyak yang tidak sadar bahwa gaya hidup, pola tidur dan akivitas keseharian mempengaruhi kesehatan. Orang merasa sehat ketika tidak mengalami batuk, flu atau penyakit lainnya yang tampak. Padahal ada bahaya yang terus mengancam jika kita tidak menerapkan hidup sehat. Bahaya itu bahkan bisa menyebabkan penderitaan hingga kematian menjemput.
Pada jaman dulu, penyakit yang menyebakan kematian di Indonesia pada umumnya disebabkan oleh penyakit menular seperti TBC, Pes, HIV/AIDS, dan lain-lain. Akan tetapi lambat laun penyakit utama penyebab kematian itu tergeser dengan penyakit tidak menular seperti jantung koroner, kanker dan lain sebagainya. Gangguan ini semuanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit yang mematikan akibat gaya hidup tidak sehat itu antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Jantung koroner
Seringkali kita mendengar ada saudara, tetangga atau orang lain yang meninggal tiba-tiba dalam tidur atau menonton televisi. Padahal ia tidak terlihat seperti sakit sebelumnya. Penyebab meninggal ini disebut sebagai serangan jantung mendadak. Namun sebenarnya serangan jantung ini tidak mendadak karena kerusakannya dimulai secara perlahan karena kegemaran mengonsumsi makanan berlemak, junk food, merokok, stress atau obesitas.
  1. Kanker
Kanker merupakan sel tubuh yang tidak normal dan tumbuh tak terkendali. Seseorang tidak akan menyadari dirinya terserang kanker sebelum masuk ke stadium yang serius dan sulit disembuhkan. Gaya dan pola hidup yang dapat memicu kanker adalah minuman beralkohol, merokok, makanan yang mengandung pengawet, MSG dan pewarna buatan serta zat lain yang bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker.
Penyakit-penyakit ini sekarang bukan lagi monopoli orang kaya jika dilihat penyebabnya. Oleh karena itu wajib bagi kita untuk waspada karena penyakit diatas bisa menimpa siapa saja. Disamping itu ada beberapa penyakit tak menular lainnya yang tidak terlalu berat namun merepotkan yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, diantaranya adalah:
  1. Sariawan dan sakit gigi akibat kurang menjaga kebersihan mulut
  2. Jerawat karena kurang menjaga kebersihan wajah
  3. Kurang gizi berujung pada katarak gondok dan gangguan otak/saraf
  4. Diabetes melitus karena konsumsi makanan yang mengandung lemak dan zat berbahaya.
  5. Obesitas karena konsumsi lemak berlebihan seperti junk food.
Mulai sekarang ada baiknya segera membiasakan hidup sehat sebagai investasi di masa depan. Ingat bahwa kesehatan itu mahal harganya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat