Selasa, 23 Oktober 2012

Kesehatan : Mengenal Penyakit Panu, Penyebab, Mengobati Secara Tradisional


penyakit panu dan penyebab

Penyakit Panu

Panu bukanlah penyakit yang sangat berbahaya, apalagi sampai mengancam nyawa. Tidak, panu tidak sedahsyat itu pada tubuh manusia. Namun yang lebih dahsyat adalah akibat panu bagi kejiwaan manusia. Panu adalah sebuah penyakit kulit yang sangat merusak penampilan. Kenapa disebut seperti itu? Dikarenakan panu dapat terjadi pada wajah dan menimbulkan bercak bulat-bulat putih yang rasanya gatal jika terkena keringat atau terpapar sinar matahari. Jika tidak ditanyani dengan cepat, maka panu akan menjalar ke permukaan kulit lainnya. Disamping itu panu adalah sebuah pertanda bahwa orang yang mengidapnya kurang bisa menjaga kebersihan kulit, kemungkinan besar jarang mandi.

Penyebab penyakit panu

Panu disebabkan adanya jamur yang hidup dan tumbu di permukaan kulit manusia, utamanya di daerah-daerah yang lembab dan terlindungi seperti di punggung, selangkangan, lipatan paha dan ketiak. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk membersihkan bagian-bagian tersebut ekstra lebih seksama saat mandi. Selain itu ada baiknya tidak membiarkan bagian-bagian tubuh tersebut diatas menjadi lembab pada saat setelah mandi atau berolahraga. Bersihkan bagian tubuh diatas dengan menggunakan kain yang menyerap air sehingga tidak lagi lembab. Selain itu, untuk menghindari tertularnya panu dari orang lain, anda tidak boleh menggunakan pakaian dan handuk milik orang lain.

Obat panu secara tradisional

Dapat kita saksikan dan buktikan sendiri bahwa di apotik saat ini sudah banyak tersedia obat untuk penyakit panu dengan beragam bentuk dan merek. Bentuknya bisa berupa cairan atau salep, dimana obat ini bekerja dengan cara memberikan lingkungan yang tidak kondusif untuk jamur berkembang biak. Dengan ini maka lama kelamaan jamur akan mati dengan sendirinya. Selain obat-obatan kimia di apotek, anda dapat menggunakan obat tradisional dalam menyembuhkan panu, diantaranya adalah:
  1. Semut hitam dan jahe
Siapkan 10 ekor semut hitam dan 10 gram jahe. Jahe diparut hingga lembut dan campurkan 10 ekor semut hitam ke dalamnya. Aduk-aduk hingga merata lalu oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terkena panu.
  1. Garam dan lengkuas
Siapkan satu rimpang lengkuas lalu giling atau uleg dengan ditambahkan garam dengan perbandingan secukupnya. Hasil tumbukan ini dapat anda gosokkan pada kulit yang terkena panu lalu berjemur dibawah sinar matahari sebentar, cukup sekitar 10-20 menit saja pada saat matahari belum terlalu panas namun juga tidak terlalu hangat. Antara pukul 9-10 pagi.
  1. Biji Asam, belimbing sayur dan kapur sirih
Siapkan 10 buah belimbing sayur, 2-3 biji asam dan kapur sirih sebesar kuku atau secukupnya. Cuci buah belimbing supaya bersih, tumbuk bersama kapur sirih dan biji asam. Setelah itu aduk hingga merata. Jika sudah rata, maka ramuan tersebut siap anda gunakan pad akulit yang terkena panu.
Nah, tidak rumit bukan? Demikian adalah ulasan tentang panu yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat