Senin, 08 Oktober 2012

Kesehatan : Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Bayi Dan Dewasa


Manfaat minyak ikan bagi kesehatan bayi dan dewasa
Minyak Ikan

Tidak ada yang meragukan kandungan gizi dalam ikan, utamanya ikan yang ditangkap di perairan jauh di lepas samudra yang bebas pencemaran. Minyak ikan adalah bagian lemak esensial yang diambil dari ikan. Minyak ikan sendiri adalah solusi untuk anda yang tidak menyukai daging ikan namun ingin mendapatkan manfaat dari ikan. Minyak ikan bermanfaat bagi tubuh manusia, mulai ketika masih dalam kandungan ibunda hingga usia lanjut. Segala macam usia dapat merasakan khasiat dari minyak ikan. Minyak ikan berbentuk elips khas dengan warna emas. Minyak ikan juga sangat terkenal dibandingkan jenis multivitamin lainnya.

Kandungan minyak ikan dan konsumsinya

Minyak ikan mengandung omega 3, vitamin A dan vitamin D. Selain itu minyak ikan merupakan sumber lemak yang rendah kolesterol dan aman dikonsumsi oleh berbagai macam usia. Akan tetapi berlebihan tentunya tidak diperbolehkan. Manfaat minyak ikan akan tidak maksimal dan justru berganti dengan keracunan vitamin A dan D. Selain itu konsumsi yang berlebihan dapat juga mengakibatkan penurunan kadar vitamin E. Maka dari itu konsumsi minyak ikan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan atau dengan dosis yang tepat dari ahlinya. Sebagai contoh adalah anak dengan berat badan 10 kg cukup diberi minyak ikan 1 sendok teh perhari.

Manfaat minyak ikan bagi bayi dan balita

Omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu dalam perkembangan otak yang mempengaruhi kecerdasan anak dan balita. Omega 3 memiliki khasiat untuk meningkatkan kemampuan pada susunan sistem saraf pusat pada janin dan anak-anak. Selain itu, juga dapat berkhasiat dalam meningkatkan kekebalan bagi anak dari berbagai macam penyakit. Dikatakan dalam sebuah hasil penelitian bahwa seorang ibu yang mengonsumsi minyak ikan pada masa kehamilannya memiliki anak yang pintar berbahasa dibanding anak yang ibunya tidak mengonsumsi minyak ikan.
Penelitian ini juga mengatakan bahwa ada kemampuan koordinasi yang tinggi pada mata dan tangan bayi, yang mana ini sebabkan oleh tingginya vitamin A dan D. Minyak ikan juga bermanfaat dalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Berat badan bayi akan normal saat lahir jika pada saat mengandung ibu rutin mengonsumsi minyak ikan. Asam lemak rendah kolesterol yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi resiko bayi terkena diabetes. Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi minyak ikan, utamanya usia kandungan 6 hingga 9 bulan.

Manfaat minyak ikan bagi manusia dewasa

Pada orang dewasa, minyak ikan dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minyak ikan memiliki asam lemak rendah kolesterol yang aman dikonsumsi dan baik untuk kelancaran peredaran darah. Konsumsi minyak ikan dengan dosis yang baik dapat mengurangi tingkat trigliserida dan meningkatkan pertumbuhan HDL dalam tubuh. Dengan ini maka akan kolesterol jahat / LDL akan terhambat dan profil kolesterol dalam darah menjadi baik.
Minyak ikan juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) di dalam Omega 3 yang berkhasiat untuk menunkan resiko jantung koroner, pembekuan darah dalam jumlah yang tidak normal, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi dan memperbaiki kandungan lipid pada darah. Vitamin A dan D yang terkandung dalam minyak ikan berfungsi untuk regenerasi sel yang rusak, utamnya pada tulang dan gigi. Vitamin A baik untuk kesehatan mata.
Demikian adalah manfaat minyak ikan bagi bayi dan orang dewasa. Kami akan membahas manfaat minyak ikan bagi orang lanjut usia pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat