Minggu, 10 Juni 2012

Kesehatan : Mengenal Lebih Jauh Tentang Buah Pala



Pala yag memliki nama ilmiah Myristica fragrans adalah tanaman yang berasal dari daerah Kepulauan Banda, Maluku. Pala merupakan rempah-rempah khas daerah Maluku yang telah dikenal sejak lama sebagai penghasil rempah-rempah. Pala menjadi salah satu komoditi yang luar biasa pada awal abad ke 16. Bahkan awal mula penjajah asing masuk ke bumi Nusantara salah satunya adalah karena kekayaan alam kita akan rempah-rempah.

Indonesia memang dikaruniai keanekaragaman hayati yang luar biasa, khususnya dalam hal tanaman rempah-rempah maupun tanaman obat. Pala adalah salah satu komoditi asli Nusantara yang kini telah tersebar luas ke penjuru dunia. Meskipun sekarang banyak Negara penghasil pala selain Indonesia, tetapi pala yang berasal dari Kepulauan Banda di Maluku tetap menjadi yang terbaik di Dunia.

Kita tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama pala, selain biji buahnya, daging buah pala juga kaya akan manfaat. Seperti kita tahu bahwa biji buah pala telah dimanfaatkan orang sejak zaman dahulu sebagai rempah-rempah maupun bumbu dapur. Selain membuat aroma masakan menjadi lebih mantap, biji pala juga banyak digunakan sebagai bahan obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat Buah Pala

Menurut berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui lebih dalam tentang kandungan nutrisi buah pala maupun manfaatnya, ditemukan bahwa buah pala mengandung senyawa-senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kulit dan daging buah pala misalnya, keduanya kaya akan minyak atsiri dan zat samak. Sedangkan bunganya mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati. Iji buah pala sendiri mengandung minyak atsiri, saponin, miristisin, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.

Hampir seluruh bagian dari buah pala mengandung senyawa kimia yang bermanfaat. Beberapa manfaat buah pala antara lain mengobati susah tidur, mengobati masuk angin, melancarkan pencernaan dan meningkatkan selera makan, karminatif (memperlancar buang angin), meringankan nyeri haid, mengobati rematik serta engatasi rasa mual seperti mau muntah. Selain berbagai manfaat dalam bidang pengobatan diatas, pala juga bermanfaat dalam berbagai bidang lainya khususnya bidang kuliner.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat