Jumat, 01 Juni 2012

Kesehatan : Jamur Merang Alternatif Pengobatan Tradisional


Jamur merang saat ini menjadi salah satu jenis tanaman yang digemari untuk di konsumsi di Indonesia. Budidaya yang tergolong sangat mudah mendukung semakin diminatinya tanaman berbentuk bulat yang satu ini. Jika melihat kandungan zatnya maka potensi sebagai tanaman obat tergolong tinggi. Saat ini pengobatan tradisional memang kian diminati masyarakat. Selain harganya relatif murah, terhindarnya dari kandungan kimia menjadi salah satu alasan mengapa lebih menyukai pengobatan dari alam.

Kandungan Gizi Jamur Merang

Dari hasil penelitian, diketahui jamur merang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Protein yang terkandung sebanyak 5.94 %, sedangkan kandungan karbohidrat setinggi 50,59 %, lemak 0,17 %, abu 1,14 %, dan mengandung serat 1,56 %. Selain itu juga kaya akan vitamin dan mineral. Per 100 gram tanaman segar mengandung sebanyak 1,9 mg besi, 17 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg vitamin C. Kandungan dari asam folat juga tergolong cukup tinggi, kalium dan tembaga. Dengan kadungan gizi yang kompleks seperti ini, potensi untuk mengarah ke bahan pangan masa depan tentunya juga tinggi.

Penyakit Usia Tua

Penyakit-penyakit tua seperti hipertensi, diabetes, tingginya kadar kolesterol, serta kanker kiranya bisa diatasi dengan memanfaatkan jamur merang. Tanaman ini bisa membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi resiko terjadinya stroke karena kandungan kalium serta tembaga. Tembaga diketahui memiliki sifat komponen pelindung jantung. Selain kaya akan mineral, kandungan dari antioksidan bermanfaat melawan radikal bebas. Kandungan selenium, riboflamin, dan niacin bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh kita. Kerja optimal dari selenium jika dikombinasikan dengan mengonsumsi vitamin E. Penyakit menakutkan lain yang dapat dikurangi resikonya adalah kanker prostat. Berdasarkan penelitian kandungan selenium tadi mampu mengurangi resiko kejadian kanker prostat.

Jamur Merang Membantu Diet

Bagi para wanita-wanita pasti akan tergiur dengan manfaat satu ini. Mereka tidak perlu malu-malu lagi untuk mengonsumsi menu favorit mereka. Tanaman ini diketahui dapat dipakai untuk menurunkan berat badan. Alasannya karena kandungan air yang tinggi sekitar 80 hingga 90 %. Selain itu kandungan kalorinya tergolong sangat tendah, sedikit sodium serta kandungan lemak yang rendah pula. Satu hal yang menjadikan tanaman ini bagian dari diet sehat adalah serat yang dimiliki. Jadi jangan pernah merasa diet makanan sehat adalah sesuatu yang melelahkan atau merepotkan, karena dengan jamur merang kita mampu melakukannya tanpa harus menghindari makanan lezat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat