Minggu, 10 Juni 2012

Wisata : Pesona Tempat Wisata Pantai Popoh di Tulungagung, Jawa Timur



Provinsi Jawa Timur memiliki garis pantai yang lebih panjang dibanding provinsi lain di Pulau Jawa. Jawa Timur juga mempunyai gugusan pulau kecil berjumlah ratusan pulau. Keindahan tempat wisata pantai di Jawa Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi iklim wisata di Pulau Jawa Secara umum, pantai di Jawa Timur dibagi menjadi tiga, yaitu kawasan pantai utara (pantura), daerah tapal kuda, dan pantai selatan.

Salah satu tempat wisata di pantai selatan Pulau Jawa adalah Pantai Popoh. Secara geografis, Pantai Popoh terletak di Kabupaten Tulungagung, provinsi Jawa Timur. Letak Pantai Popoh bersebelahan dengan Pantai Prigi yang masuk kawasan Kabupaten Trenggalek. Pantai Popoh saat ini dikembangkan oleh Pemerintah Daerah setempat sebagai kawasan wisata alam dan pemasaran hasil kerajinan rakyat.


Indahnya Pesona Tempat Wisata Pantai Popoh di Tulungagung, Jawa Timur

Transportasi Menuju Pantai Popoh, Kab. Tulungagung

Beberapa tahun lalu saya berkesempatan berlibut ke Pantai Popoh bersama teman-teman. Saya dan anggota rombongan berangkat dari Jombang naik mobil sewaan. Bagi wisatawan yang baru pertama kali berlibur ke kota Tulungagung, terdapat dua pilihan jalur transportasi kesana, yaitu dari Surabaya dan Malang. Bagi yang liburan ala backpacker dari Jogja, mereka bisa naik bus dari Jogja langsung menuju kota Tulungagung.
Jalur pertama adalah lewat Surabaya. Setelah sampai di Bandara Juanda, Surabaya, perjalanan darat lanjut dengan mobil melewati kota Mojokerto, Jombang, Kertosono, Kediri, dan ke arah pusat kota Tulungagung. Sementara itu, kalau dari Lapangan Terbang Abdurrahman Saleh, Malang, wisatawan melalui jalur menuju Kepanjen, Wlingi, Blitar, dan lanjut ke pusta kota Tulungagung.
Perjalanan dari pusat kota Tulungagung menuju kawasan Popoh melalui wilayah dataran tinggi. Jalan raya memiliki kontur naik-turun dan berkelok-kelok. Tapi tak mengapa, pemandangan sepanjang perjalanan adalah hutan jati yang hijau. Kalau mau bikin acara piknik dan rest area di hutan juga sangat tepat. Saya menjumpai sejumlah kelompok wisatawan mengadakan acara makan bersama di kawasan hutan menuju daerah pantai.

Perbedaan Pantai Popoh Bagian Barat dan Timur

Sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Popoh, setiap mobil wisata dikenai tarif masuk. Waktu itu, biaya masuk yang berlaku adalah Rp 3.000 per orang. Kalaupun saat ini tarifnya naik, mungkin nggak akan terlalu besar. Sesampai di tempat parkir, wisatawan bisa mulai acara jalan-jalan di sepanjang pantai Popoh. Oh ya, tempat parkirnya jauh agak di atas bukit, bukan di daerah pantai. Tandai mobil Anda supaya nanti tidak tersesat atau salah masuk mobil.
Sekedar info saja, Pantai Popoh dibagi menjadi dua kawasan, yaitu bagian barat dan bagian timur. Pantai Popoh bagian timur merupakan wilayah yang terjal dan berbatu-batu. Wisatawan tidak bisa jalan-jalan di pesisir pantai sebelah timur ini. Sebagaimana wilayah pantai selatan lainnya, ombak di Pantai Popoh sangat besar. Walau sudah dipasang pagar pengaman, setiap pengunjung harus selalu waspada saat berada di tepi tebing yang curam di Popoh bagian timur.
Lain halnya dengan Pantai Popoh bagian barat. Kawasan barat terbilang lebih landai dan berombak kecil. Tempat wisata di bagian barat ini merupakan lokasi parkir perahu-perahu wisata yang bisa disewa oleh wisatawan. Bagian barat Popoh lebih crowded daripada bagian timur. Disana banyak nelayan yang hilir mudik mengangkut ikan hasil tangkapan semalam. Pada bagian barat Popoh juga terdapat kios-kios rakyat yang menjajakan beragam makanan khas Tulungagung dan hasil kerajinan masyarakat setempat.
Pantai Popoh di Tulungagung, Tempat Wisata di Jawa Timur yang indah
Antara kawasan timur dan barat Pantai Popoh dipisahkan oleh hutan mangrove yang luas. Jalan yang menghubungkan kedua kawasan adalah berupa jalan berundak dan cukup panjang. Itulah area yang bisa wisatawan gunakan untuk olahraga jalan kaki sambil menghirup udara segar kawasan pantai. Kawasan mangrove tersebut banyak digunakan oleh pasangan muda-mudi yang ingin berdua-duaan saja tanpa mau diganggu oleh orang lain.

Melipir Ke Pantai Prigi di Kabupaten Trenggalek

Pantai Popoh dan Pantai Prigi jaraknya tak lebih dari 5 km. Kendati demikian, kedua wilayah tersebut berada pada kabupaten yang berbeda. Dan uniknya, kedua pantai memiliki karakter yang berbeda. Jika Pantai Popoh memiliki ombak yang besar, maka ombak Pantai Prigi tidak terlalu besar. Mungkin hal ini disebabkan karena teluk yang dibentuk Prigi lebih cekung dan lebih luas sehingga hantaman ombak dari Samudera Hindia tertahan lebih dulu oleh daratan di kawasan pantai Munjungan dan Popoh.
Pantai Prigi memiliki kondisi pantai yang lebih baik dan lebih bersih dibanding Pantai Popoh. Hamparan pasir pantai yang luas menambah kedamaian setiap turis yang berkunjung di tempat wisata di Trenggalek tersebut. Secara umum, Pantai Prigi adalah tempat wisata yang nyaman untuk melepas penat pekerjaan sehari-hari. Ombak kecil, pasir putih, dan suasana sepi. Kombinasi sempurna untuk liburan ideal Anda.

Berburu Oleh-oleh Khas Kabupaten Tulungagung

Kabupaten Tulungagung dikenal sebagai daerah penghasil makanan ringan kacang shanghai yang enak dan berkualitas. Tulungagung memiliki ribuan sentra industri makanan dengan bahan baku kacang. Oleh karena itu, oleh-oleh khas Tulungagung yang banyak dijual warga adalah makanan kacang atom dan kacang shanghai. Sebagian pusat oleh-oleh menjual benda seni yang berhubungan dengan kesenian kuda lumping, campursari, dan reog.
Sebagai kawasan wisata pantai, Pantai Popoh dan Pantai Prigi menjual aneka jenis ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Kedua tempat wisata di Jawa Timur tersebut sangat ramai pada pagi hari karena aktifitas perdagangan ikan laut. Kegiatan ini menimbulkan bau tak sedap pada sebagian kawasan wisata. Pengelola tempat wisata seharusnya bisa menata lokasi lebih rapi lagi sehingga acara liburan tidak terganggu bau kurang sedap.
Mungkin itulah resiko yang kita dapatkan kalau liburan ke tempat wisata yang berupa pantai dan terdapat tempat pelelangan ikan yang menyatu. Over all, Pantai Popoh dan Pantai Prigi sangat layak dikunjungi selama liburan Anda. Udara pantai yang segar, alam pegunungan yang hijau, dan hasil laut yang melimpah. Ketiga hal tersebut mendukung terciptanya iklim wisata yang kondusif di Jawa Timur. Ayo jalan-jalan ke tempat wisata di Jawa Timur!

Harga tiket masuk untuk satu orang sebesar Rp. 5.000,-.

HAPPY HOLIDAY SOBAT

2 komentar:

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat