Kamis, 14 Juni 2012

Kesehatan : Yang Perlu Anda Tahu Tentang Buah Labu


Labu adalah salah satu jenis buah yang dihasilkan oleh sejenis tanaman yang merambat yang cukup populer dan digemari di Indonesia. Buah labu memiliki banyak varietas tetapi baru sedikit jenis labu yang dimanfatakan oleh manusia sebagai bahan pangan. Di sisi lain buah labu ini ternyata mengandung berbagai macam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan serta pengobatan.

Labu bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai macam jenis makanan seperti kolak, cemilan, dan aneka macam makanan lainya. Terdapat puluhan jenis buah labu, tetapi hanya beberapa jenis labu saja yang banyak dimanfaatkan sebagai makanan seperti labu kuning, labu siam dan labu air. Buah labu yang telah masak akan berwarna kuning ataupun oranye dengan daging tebal dan aroma yang khas. Buah lagu populer hamper di seluruh tempat di dunia, perayaan Halloween dan kisah putrid Cinderella merupakan 2 hal yang selalu dikaitkan dengan buah labu.

Manfaat Buah Labu

Buah labu selain enak daging buahnya untuk dikonsumsi ternyata memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan buah labu adalahkandungan Vitamin C, Vitamin A serta betakaroten sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata maupun untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah labu juga kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, kalium, fosfor dan kalsium. Kandungan air dan serat yang cukup tinggi pada buah labu juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi demam, diare serta mengatasi peradangan. Buah labu juga sangat baik bagi kesehatan ginjal dan jantung serta mampu mencegah penuan dini karena mengandung antioksidan.

Beberapa bukti empiris menunjukkan bahwa buah labu telah dimanaatkan sejak lama untuk mengobati sariawan serta sebagai peluruh air kencing. Kandungan alkaloida pada buah labu bermanfaat sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah serangan sel-sel kanker. Buah labu juga bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit, mencegah pengeroposan tulang serta bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain daging buahnya, ternyata kulit buah labu juga kaya akan manfaat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Korea Selatan ternyata ditemukan zat protein pada kulit buah labu yang sangat efektif untuk mengobati penyakit jamur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat