Minggu, 03 Juni 2012

Kesehatan : Penggunaan Obat Batuk Berdahak Sesuai Aturan


Batuk merupakan suatu pertahanan tubuh yang refleks sehingga mengeluarkan dahak. Untuk itu ada obat batuk berdahak, obat ini untuk mereka yang mengalami batuk berdahak. Batuk yang berdahak biasanya akan mengeluarkan lendir bening yang sangat pekat sehingga mengganggu sistem pernafasan. Jika tidka segera dikeluarkan akan membuat tenggorokan kita terasa sesak. Obat batuk pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu antitusif dan ekspektoran. Antitusif biasa digunakan untuk batuk kering sedangkan ekspektoran untuk batuk yang berdahak. Masing-masing jenis obat memiliki fungsinya tersendiri sehingga disesuaikan dengan jenis batuk yang diderita. Ekspektoran berfungsi untuk memperbanyak lendir yang semula padat menjadi encer sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Penyebab Terjadinya Batuk Berdahak

Batuk berdahak dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti debu yang terhirup melalui sistem pernafasan dan melekat pada dinding saluran pernafasan. Kemudian debu tersebut bercampur dengan lendir yang disekresikan oleh epitel dinding saluran pernafasan sehingga akan menjadi dahak yang dikeluarkan pada saat kita batuk. Batuk berdahak memang sangat menggangu pernafasan kita karena nafas yang semula nyaman kemudian terhambat akibat debu yang menepel di dinding yang berlendir. Namun batuk berdahak bisa diatasi dengan penggunaan obat batuk berdahak yang benar-benar cocok untuk kita. Sehingga tidak menimbulkan sakit yang berkelanjutan.

Penanganan Batuk Berdahak

Batuk berdahak dapat disembuhkan dengan obat batuk berdahak yang pas untuk kita seperti meminum sirup dari apotek atau resep dokter. Kemudian dengan menggunakan bahan alami pun juga dapat menyembuhkan batuk berdahak. Seperti garam dapur yang dilarutkan dengan air kunyit atau kencur, diminum satu gelas per hari selama masa batuk berdahak. Hal ini bisa menjadi obat batuk berdahak yang ampuh untuk digunakan. Sebab tidak ada unsur kimiawi yang melekat didalamnya.

Penggunaan Obat Batuk Berdahak

Jika anda sedang mengalami batuk berdahak maka segera meminum obat baik itu dari bahan alami atau sirup yang dibeli dari apotek atau resep dokter. Selama batuk, jangan terlambat untuk meminumnya karena dapat memperlambat proses penyembuhan. Jangan melampaui dosis jika menggunakan obat sirup atau pil, dan sesuai dengan aturan pemakaian. Sedangkan untuk obat jenis herbal, gunakan sesuai takaran air serta diminum segelas per hari. Gunakan obat batuk berdahak yang aman bagi kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat