Jumat, 15 Juni 2012

Kesehatan : Mengenal Tentang Buah Salak


Salak adalah sejenis tanaman palma dan menghasilkan buah yang bisa untuk dimakan. Kulit buahnya berwarna coklat dan dalam bahasa Inggris disebut salak ataupun snake fruit karena kulit buah ini memiliki sisik seperti ular. Pohon salak berbentuk perdu atau hamper tidak memiliki batang serta berduri banyak dan beranak banyak. Salak memiliki nama ilmiah Salacca Edulis. Salak dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar mapun dapat dibuat manisan ataupun asinan bahkan saat ini salak dapat diolah menjadi keripik yang renyah dan lezat.

Salak adalah tanaman tropis yang hanya tumbuh di daerah tropis dan banyak diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika. Buah salah ternyata memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Salak ternyata memiliki kandungan kalsium, flavonoida, tannin dan saponin dengan kadar cukup tinggi. Berbagai kandunga nutrisi salak tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Buah Salak

Berikut ini manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah salak.

Buah Salak Sebagai Obat Mata

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli untuk meneliti kandungan yang dimiliki buah salak, ternyata buah salak kaya akan betakaroten yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Jika anda memiliki masalah pada kesehatan mata anda, aanda bisa mengkonsumsi jus salak sebagai alternatif dari jus wortel.

Salak Untuk Obat Diare / Mencret

Buah salak juga memiliki manfaat untuk mengobati diare/mencret, jika anda mengalami diare atau mencret sebaiknya anda jangan buru-buru membawanya ke dokter, dengan mengkonsumsi 20 gram salak muda dapat meringankan oenyakit diare yang anda alami. Buah salak juga mudah ditemukan di berbagai took penjual buah.

Salak Dapat Digunakan Sebagai Cemilan Sehat

Buah salak biasanya hanya dihidangkan sebagai buah segar di atas meja, padahal buah salak dapat diolah menjadi aneka makanan yang tentu saja enak dan memiliki nilai jual tinggi. Anda bisa mengolah salak menjadi manisan ataupun asinan. Bahkan saat ini salak telah diekspor keluar negeri dalam bentuk keripik. Dengan mesin khusus, salak ternyata dapat diolah menjadi keripik salak dengan rasa yang lezat dan renyah, bahkan saat ini keripik salak menjadi salah satu olahan paling populer dari buah salak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat