Kamis, 14 Juni 2012

Kesehatan : Buah Zaitun, Terkenal di Dunia Karena Manfaatnya



Zaitun atau yang memiliki nama latin Olea europaea ini sangat terkenal diseluruh dunia karena manfaatnya bagi kesehatan. Zaitun merupakan sejenis tanaman tahunan dan memiliki buah yang bisa dimakan mentah maupun sesudah diawetkan. Buah zaitun yang sudah tua dapat merupakan penghasil minyak zaitun yang sangat populer baik dalam bidang kuliner maupun bidang kesehatan. Minyak zaitun yang kaya akan manfaat belum bisa dihasilkan di Indonesia, karena pohon zaitun membutuhkan iklim subtropis agar bisa tumbuh sempurna. Maka dari itu, selama ini untuk mencukupi permintaan minyak zaitun yang semakin meningkat, minyak zaitun masih harus diimpor dari luar negeri.

Minyak zaitun yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan banyak dianjuran oleh para ahli untuk lebih sering dikonsumsi. Tak hanya itu saja, berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa minyak zaitun sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung

Minyak zaitun yang dihasilkan dari buah zaitun sangat baik bagi kesehatan jantung serta mencegah seseorang terkena serangan penyakit stroke. Minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan DHPEA-EDA yang mampu merawat serta menjaga sel darah merah dari kerusakan.

Mencegah Alzheimer

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Northwestern University dan Monell Chemical Senses Center mengenai manfaat minyak zaitun, ditemukan fakta bahwa minyak zaitun mengandung senyawa oleocanthal yang bermanfaat mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer.

Melawan Kolesterol

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun yang mencapai 80% sangat baik untuk melawan oksidasi dan tentu saja melawan kolesterol jahat. Kandungan fenol da antioksidan pada zaitun juga sangat baik untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Kanker Usus

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol mengenai kandungan serta manfaat minyak zaitun, ditemukan fakta bahwa makanan yang dilah maupun dicampur dengan minyak zaitun dapat memberikan manfaat mengurangi resiko terkena kanker usus besar.

Khasiat zaitun dan minyak zaitun yang sangat luar biasa membuat bangsa-bangsa barat menggunakan lambing tangkai zaitun berdaun sebagai sebuah lambing perdamaian dan telah ditanam sejak ratusn tahun yang lalu untuk diambil manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat