Minggu, 10 Juni 2012

Kesehatan : Yang Perlu Diketahui Saat Usia Kehamilan 5 Bulan



Kehamilan 5 bulan bisa dikatakan periode yang sudah dewasa walaupun masih sangat jauh dari kelahiran. Janin pada periode ini mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Bukan hanya kelima inderanya mulai berfungsi, tetapi juga janin akan merasa lebih sensitif terhadap sekitarnya.

Janin pada Usia Kehamilan 5 Bulan

Panca indera janin pada usia kehamilan 5 bulan mulai aktif dan sensitif. Kulitnya akan lebih sensitif pada rangsangan, begitu juga dengan indera perasanya. Ia juga sudah bisa merespon beberapa suara dan matanya juga sudah mulai berkembang. Bersamaan dengan berkembangnya organ dalam dan indera, janin pada periode ini juga sudah mulai mengembangkan suatu perlindungan terhadap lingkungannya yang disebut vernix caseoda. Ini adalah suatu cairan yang ia keluarkan dari kelenjar minyaknya untuk melindungi kulit dan menjaga temperaturnya. Ia juga sudah mempunyai sistem perlindungan sederhana yang akan melindunginya dari sakit atau infeksi. Ia akan mengembangkan suatu lemak yang akan membantunya menjaga temperatur tubuhnya. Ginjal sudah terbentuk dan membuatnya bisa menghasilkan urine. Pada akhir bulan ke 5, ukuran janin akan mencapai sekitar 7.4 inci.

Perubahan Tubuh Ibu pada Kehamilan Bulan Kelima

Pada periode kehamilan 5 bulan, ibu sudah jauh lebih stabil dan rasa pusing sudah menghilang, tetapi rasa tidak nyama pada jantung masih terasa apalagi saat makan. Ibu juga akan mengalami sakit pada kandung kemih dan konstipasi. Sangat disarankan untuk periksa ke dokter jika rasa tidak nyaman ini berlanjut atau datang dengan rasa yang sangat intens. Gerakan janin sudah mulai terasa dan stretch mark sudah tampak karena ukuran perut sudah cukup membesar. Beberapa ibu mengalami mimisan dan gusi berdarah dikarenakan jumlah aliran darah yang sangat deras.

Tanda-tanda Kehamilan 5 Bulan

Ibu juga akan mengalai beberapa tanda yang mempersiapkannya untuk kelahiran seperti cairan susu yang keluar dari puting. Tidak semua ibu mengalami hal ini pada saat usia kehamilan mencapai 5 bulan, hal ini masih normal. Beberapa tanda kehamilan yang dirasakan ibu pada periode ini adalah jantung yang terbakar, mimisan, stretch marks, sembelit, gusi berdarah, lendir pada vagina, varises dan beberapa tanda kehamilan 5 bulan lain.

image source: http://www.webmd.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat