Minggu, 03 Juni 2012

Kesehatan : Perawatan Bayi Prematur Perlu Kesabaran Tinggi


Perawatan bayi prematur adalah perawatan yang di khususkan untuk bayi yang lahir sebelum waktunya. Setiap orang tua tentu akan sangat mengidamkan bayi mereka lahir normal dan sehat, namun ada pula orang tua yang memiliki bayi prematur yaitu lahir sebelum waktunya. Namun bayi yang prematur bukan berarti merupakan bayi yang abnormal, bayi prematur lahir sebelum waktunya yaitu pada usia kehamilan menginjak bulan ke tujuh. Hal ini memang lumrah di alami oleh ibu hamil tetapi tidak selalu seperti itu. Bayi yang lahir prematur memang terjadi akibat adanya beberapa kelainan pada si ibu tetapi sifatnya memang tidak begitu membahayakan. Namun ada beberapa hal khusus dalam perawatan bayi yang terlahir prematur, sebab bayi biasanya akan di ingkubator terlebih dulu sebagai perawatan pertama.

Cara Perawatan Bayi Prematur

Karena bayi prematur memang berbeda dari bayi yang lahir normal lainnya, dalam hal perawatan bayi prematur memang sedikit berbeda dari biasanya. Seperti orang tua yang memiliki bayi prematur perlu pengetahuan lebih lanjut dalam hal perawatan bayi prematur dari dokter, misalnya menyediakan oksigen jika sewatu-waktu dibutuhkan oleh bayi. Bayi yang prematur juga perlu mendapatkan asupan gizi yang cukup dan usahakan untuk mendapatkan ASI ekslusif. Tetap menjaga pola tidur si bayi sebab bayi yang terlahir prematur lebih sering tidur namun waktunya lebih singkat dari pada bayi yang terlahir cukup bulan. Bayi juga harus diberikan asupan vitamin D,E dan K sebab terkadangn bayi masalah dengan berat badannya. Dan selalu menjaga kebersihan tubuh, pakaian, makanan dan lingkungan di sekitar bayi.

Cara Menjaga Suhu Ruang Pada Bayi

Usahakan bayi yang prematur tetap selalu dalam kondisi yang hangat dan terjaga suhunya. Bayi harus selalu mengenakan pakaian yang hangat sehingga tubuhnya tidak merasa dingin. Letakkan bayi di atas dada si ibu agar bayi tetap hangat. Gendong bayi dengan menggunakan lain yang lebar dan panjang agar bayi tetap nyaman.

Pengetahuan Pada Orang Tua

Selain kita tahu cara merawat bayi yang prematur, tak kalah penting untuk selalu berkonsultasi pada dokter mengenai perkembangan dari si bayi. Pengetahuan tersebut sangat berguna bagi orang tua sebab bayi yang terlahir prematur memang berbeda dari pada bayi yang lahir cukup bulan. Selain itu orang tua memang harus tetap sabar dalam menjaga dan merawatnya agar perawatan bayi prematur tetap maksimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat