Senin, 04 Juni 2012

Kesehatan : Manfaat Kunyit Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur!


Manfaat Kunyit (Curcuma domestic) di Indonesia kebanyakan digunakan sebagai bahan penyedap/bumbu masakan. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya khasiat kunyit sangat baik untuk digunakan sebagai obat alami?

Banyak orang yang telah membuktikan manfaat kunyit untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman dengan habitat asli Asia Tenggara ini memiliki manfaat untuk obat alami berbagai macam penyakit maupun untuk menjaga kesehatan hingga sebagai bahan kosmetik perawat kecantikan.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit sangat baik bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, diketahui dalam kunyit terdapat berbagai kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh. Diantaranya adalah senyawa kurkuminoid (desmetoksikumin, kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin), minyak asiri, lemak, karbohidrat, vitamin, protein, fosfor, kalium, zat pati, mineral, dll.

Beberapa nenek moyang kita telah mengetahui manfaat kunyit dan menggunakannya sebagai obat tradisional. Misalnya, untuk mengobati gusi bengkak kita dapat berkumur menggunakan air rebusan kunyit dicampur dengan gambir, untuk mengobati kaki yang luka kita dapat membuat salep dengan bahan dari kunyit yang dicampur dengan asam kawak.

Untuk mengatasi kaki bengkak, kita dapat menggunakan salep kunyit dengan campuran minyak kelapa, ramuan ini juga dapat mengeluarkan cairan penyebab bengkak, khasiat kunyit untuk obat penyakit kulit dan radang hati dapat diperoleh dengan meremas-remas kunyit yang dicampur biji cengkeh dan bunga melati. Jika Anda memiliki keluhan dengan reumatik atau sakit bengkak, Anda dapat membuat obat luar dari akar kunyit yang diremas.

Bagaimana Mendapatkan Manfaat Kunyit

Berikut ini adalah beberapa resep untuk mendapatkan manfaat kunyit sebagai obat alami untuk beberapa penyakit:

  • Kunyit untuk obat penyakit Tifus. Sediakan 2 rimpang kunyit, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 bonggol sere. Cuci seluruh bahan, kemudian tumbuk halus dan dipipis, lalu tambahkan segelas air hangat, lalu saring dan minum airnya.
  • Kunyit sebagai obat Diabetes mellitus. Siapkan 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam. Rebus dengan 1 liter air lalu saring dan minum airnya 2x seminggu.
  • Kunyit sebagai obat Usus buntu. Siapkan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, garam, dan gula aren secukupnya. Parut kunyit, beri perasan jeruk nipis, beri sedikit garam dan gula aren secukupnya, seduh dengan 1 gelas air panas, saring lalu minum airnya setiap pagi secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat