Kamis, 05 Juli 2012

Kesehatan : Mengenal Apa Itu Insomnia


Insomnia merupakan gangguan kesulitan pada saat akan tidur. Penyakit insomnia ini bisa menyerang siapa saja. Kebiasaan tidur pada waktu anak-anak juga mempengaruhi perilaku tidur pada saat dewasa. Banyak hal yang membuat penyakit ini timbul yaitu tidur pada waktu yang berbeda setiap malam akan yang akan mempengaruhi jam istirahat anda, tidur di tempat yang terlalu banyak kebisingan atau cahaya akan mengurangi konsentrasi anda saat memejamkan mata, terlalu lama tidur tanpa batasan waktu yang jelas, menggunakan komputer atau smartphone di tempat tidur dan menononton televisi. Hal itu akan membuat penyakit anda semakin parah.

Oleh karena itu, aturlah waktu tidur anda sebaik mungkin. Insomnia juga dapat dipengaruhi oleh alkohol, rokok, terlalu banyak mengkonsumsi kafein setiap akan tidur, menelan obat tidur pada saat akan beristirahat. Jika anda ingin terhindar dari penyakit ini cobalah untuk menghindari beberapa kebiasaan yang merupakan gejala dari penyakit tersebut. Masalah kesehatan fisik, sosial dan mental anda juga akan mempengaruhi pola tidur seperti gangguan kecemasan yang berkepanjangan terhadap suatu hal akan membuat pikiran anda tidak tenang dan gelisah sehingga susah tidur. Jika anda merasa sedih dan tertekan juga akan mempengaruhi tidur anda bahkan dapat menyebabkan penyakit insomnia.

Insominia Dalam Kaitanya Dengan Penderita Stress

Seseorang yang mengalami gannguan jiwa atau stress juga bisa disebabkan karena penyakit ini karena mereka sulit untuk tidur secara teratur. Banyak orang berpendapat bahwa usia penuaan juga menyebabkan mereka sulit tidur . Ada beberapa keluhan umum yang biasa orang rasakan ketika terkena penyakit insomnia yaitu sulit tidur, merasa lelah disiang hari, tidak merasa segar ketika bangun, bangun beberapa kali selama tidur. Jika anda mengalami penyakit ini segera pergi ke dokter dan memeriksakannya. Biasaya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu terhadap anda agar lebih tahu penyebab awal terjadinya insomnia. Dokter akan memberikan terapi pada anda untuk membantu menyingkirkan gangguan tidur yang anda rasakan. Setelah itu bila ditemukan kesalahan pada pola tidur anda maka dokter akan menyarankan pada anda untuk mengubah pola tidur anda menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat