Minggu, 03 Juni 2012

Kesehatan : Perawatan Wajah Agar Tampil Selalu Segar dan Sehat


Sebagai wanita, tentunya perawatan wajah menjadi perhatian utama. Seringkali kita melihat wanita-wanita berdatangan ke klinik kesehatan atau dokter kecantikan hanya karena keluhan jerawat pada wajah atau keluhan pada wajah lainnya yang mengganggu mereka. Kulit wajah memang cukup sensitif, oleh karena itu cara kita merawatnya juga sangat penting. Tidak hanya sekedar dicuci dengan sabun muka atau bahkan hanya sabun mandi biasa saja cukup untuk kesehatan kulit muka kita. Dibutuhkan ketelatenan serta pengetahuan cukup mengenai jenis kulit muka kita sendiri dan bagaimana cara merawatnya.

Perawatan Dasar

Pada dasarnya, perawatan wajah yang rutin dilakukan sehari-hari terdapat tiga dasar tahap. Tahap pertama adalah pembersihan muka. Membersihkan muka tidak hanya sekedar mengguyur muka dengan air, diperlukan sabun untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel. Dan satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah jangan menggunakan sembarangan sabun, gunakan lah sabun khusus wajah. Selain sabun wajah, kita dapat menggunakan susu pembersih untuk membersihkan sisa-sisa make up yang masih menempel pada kulit. Jangan lupa gunakan kapas saat menggunakan susu pembersih.

Tahap selanjutnya untuk melakukan perawatan wajah adalah penyegaran. Setelah wajah dibersihkan, selanjutnya kita berikan penyegar atau yang biasa disebut toner, berfungsi untuk menyegarkan serta membersihkan sisa kotoran dari tahap sebelumnya, yakni pembersihan. Untuk melengkapi tahapan sebelumnya, kulit wajah hendaknya diolesi dengan pelembab. Pelembaban berfungsi untuk menghindari dehidrasi yang terjadi pada kulit kita sehingga kekenyalan dan kehalusan kulit tetap terjaga.

Perawatan Wajah Berdasarkan Tipe Kulit

Menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan cantik memang tidak sembarangan. Selain dasar-dasar perawatan yang harus kita kuasai, hendaknya kita memperhatikan jenis kulit muka kita. Adapun jenis-jenis kulit wajah adalah berminyak, kering, sensitif, dan normal. Untuk kulit berminyak, seseorang akan cenderung berjerawat dan memiliki pori-pori besar. Perawatan yang dianjurkan tentunya adalah membersihkan wajah secara teratur. Selain itu kita bisa melakukan penguapan pada wajah untuk mengurangi kadar minyak. Selain itu gunakan kosmetik-kosmetik yang bersifat non comedogenic. Sedangkan untuk tipe kulit kering dianjurkan menggunakan sabun khusus untuk tipe tersebut dan menghindari penyegar yang mengandung alkohol. Untuk mereka yang berwajah sensitif disarankan melakukan perawatan wajah dengan menggunakan produk berbahan alami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat