Selasa, 12 Juni 2012

Kesehatan : Buah Cempedak Lebih Beraroma Daripada Nangka


Cempedak adalah sejenis tanaman buah-buahan yang berasal dari keluarga Moraceae. Bentuk buah serta wanginya mirip dengan buah nangka, tetapi kadang aromanya menusuk kuat seperti buah durian. Cempedak berasal dari daerah Asia Tenggara dan tersebar luas di daerah Thailand, Semenanjung Malaya serta seantero wilayah Nusantara.

Buah cempedak dapat dimakan segar maupun diolah terlebuh dahulu. Buah cempedak biasanya diolah secara tradisonal baik digoreng maupun berbagai olahan lainya, soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatan buah ini. Selain daging buahnya, kulit dan biji buah cempedak juga dapat dimakan. Sedangkan kulit batangnya bermanfaat sebagai antitumor dan antimalaria.

Dilihat dari sisi harga, cempedak jauh lebih mahal daripada nangka, meskipun mirip kelezatanya jauh melebihi buah nangka. Tetapi untuk segi kandungan nutrisi, buah cempedak memiliki kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda dengan saudaranya, buah nangka.

Buah cempedak sendiri sebenarnya memiliki beberapa macam varian. Beberapa jenis buah cempedak adalah cempedak local, cempedak Malaysia, nangka cempedak dan cempedak air. Cempedak local adalah cempedak yang paling banyak dikenal di Indonesia. Daging buah cempedak local sangat lunak dan mudah hancur, warnanya kuning agakkemerahan serta kaya akan serat. Sedangkan cempedak Malaysia adalah perpaduan antara cempedak local ldengan buah nangka, sehingga memiliki keunikan tersendiri.

Manfaat dan Kandungan Cempedak

Dibeberapa tempat di Negara kita, buah cempedak tidak hanya dikonsumsi daging buahnya, tetapi juga kulit buahnya. Dan ternyata kulit buah cempedak sangat baik sebagai antitumor dan antimalaria. Selain daging buah dan kulitnya, daun pohon cempedak muda juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur. Oleh karena itu, cempedak merupakan salah satu tanaman yang kaya akan manfaat.

Cempedak kaya akan kandungan vitamin A dan sangat bagus untuk merawat kesehatan mata karena kandungan vitamin A pada buah cempedak mencapai sekitar 200 SI per 100 gram. Selain itu buah cempedak juga kaya akan serat sehingga sangat baik bagi pencernaan. Kandungan vitamin C buah cempedak juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah nangka.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat