Sabtu, 02 Juni 2012

Kesehatan : Alternatif Unik Cara Menghilangkan Komedo


Alternatif dari berbagai cara menghilangkan komedo banyak dicari demi menjaga kesehatan dan kecantikan wajah. Komedo ini bisa muncul ketika terjadi penyumbatan pori-pori karena minyak yang berlebih atau sel kulit mati sehingga mengakibatkan minyak tesumbat. Kebanyakan komedo terjadi pada area T wajah yaitu dahi, hidung, dan dagu, terkadang terjadi pula di bawah mata dan pipi.

Metode Modern untuk Menghilangkan Komedo

Metode modern ini umumnya menggunakan alat atau bahan kosmetik. Salah satu cara menghilangkan komedo dengan metode ini dengan menggunakan penyedot komedo. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membasuh wajah dengan air hangat secara merata, bersihkan hingga sudut-sudut lekukan wajah namun hindari mengusap wajah terlalu kasar karena dapat merusak wajah. Tahap selanjutnya keringkan wajah dengan handuk yang bersih dan kering, hindari menggosok wajah terlalu kasar dengan handuk. Tahap yang paling penting adalah saat penyedotan komedo dengan alat penyedot komedo (ekstraktor). Perhatikan ujung ekstraktor, pastikan bahwa ujung tersebut sudah bersih. Kemudian tekan secara perlahan hingga komedo terangkat. Hal yang harus dihindari dalam melakukan metode ini adalah menghindari penekanan ekstraktor terlalu kuat karena dapat mengakibatkan scar pada kulit wajah yang nantinya memperburuk keadaan wajah.

Cara menghilangkan Komedo dengan Metode Tradisional

Metode ini memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada disekitar kita tanpa menggunakan teknologi atau alat ekstraktor. Puith telur yang dipisahkan dari kuning telurnya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo. Siapkan puith telur sedikit, kemudian kocok hingga muncul busa. Putih telur yang telah dikocok tersebut dioleskan pada bagian wajah terdapat komedo. Permukaan wajah yang diolesi ditutup dengan tisu yang bersih dan kering. Tunggulah beberapa saat hingga putih telur terasa kering, kemudian tarik tisu secara perlahan hingga nampak bintil-bintil hitam komedo pada tisu. Metode lainnya bisa juga menggunakan kulit jeruk. Pilihlah kulit jeruk yang bersih untuk dimasukkan ke dalam air agar membentuk pasta kental. Setelah itu oleskan pasta kental itu ke permukaan wajah yang terdapat komedo. Keesokan harinya bilas wajah hingga bersih.

Metode-metode menghilangkan komedo di atas sebaiknya dilakukan setelah mengetahui jenis wajah yang dimiliki. Dengan demikian, dapat mencegah terjadinya kondisi yang semakin buruk dalam proses terapi tersebut. Hal-hal sebagai berikut juga harus diperhatikan saat menghilangkan komedo, antara lain pastikan tangan, alat, dan bahan yang dipakai bersih. Perlakukan kulit wajah dengan lembut agar tidak merusak wajah. Demikian metode-metode yang dapat dijadikan referensi sebagai cara menghilangkan komedo dengan mudah, murah, dan aman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat