Minggu, 23 September 2012

Kesehatan : Penyebab dan Gejala Kanker Tulang

kanker tulang gambar

Cukup banyak orang yang tahu tentang kanker payudara, kulit, hati dan lain-lainnya. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa kanker bisa juga menyerang tulang. Meskipun kanker tulang jarang terjadi, namun penyakit ini ada. Oleh karena itu kita harus mengerti apa ciri dan gejala kanker tulang itu. Kanker tulang tidak sama dengan Osteoporosis. Osteoporosis hanya menyerang mereka yang sudah lanjut usia, sedangkan kanker tulang umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Namun ada juga orang dewasa yang terkena kanker tulang, terutama yang memiliki penyakit tertentu.

Jenis kanker tulang

Di dunia ini ada dua jenis kanker tulang, yakni:
  1. Kanker tulang sekunder atau kanker tulang metastatik. Kanker tulang jenis ini adalah kanker yang disebabkan oleh penyakit kanker yang lain. Penyakit kanker ini sebelumnya sudah ada di dalam tubuh manusia dan ketika menyebar lalu menyerang tulang. Kanker lain yang menyebabkan kanker tulang paling sering adalah kanker hati dan kanker payudara.
  2. Kanker tulang primer yakni kanker yang berasal dari dalamtulang itu sendiri yang mengalami malfungsi sel atau sel yang tumbuh tak terkendali. Beberapa hal yang termasuk dalam kanker tulang primer adalah meiloma multipel, fobrosarkoma, osteosarkoma, kondrosarkoma, histiostoma fobrosa dan linfoma tulang maligna.
penyebab kanker tulang gambar

Gejala-gejala kanker tulang

Kita perlu mengenal mengenai gejala-gejala penyakit kanker tulang. Hal ini berguna untuk mengenali lebih cepat jika anda atau seorang keluarga anda terkena penyakit kanker tulang. Gejala-gejala yang terindikasi kanker tulang terdiri dari beberapa fase, yakni antara lain:
  1. Fase rasa sakit
Rasa sakit yang ditimbulkan oleh kanker tulang pada umumnya terjadi pada bagian leher, lengan atau punggung. Namun rasa sakit ini bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya. Rasa sakit karena kanker tulang ini terasa ada di dalam tulang dan sakitnya terus menerus. Hal ini mengakibatkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas penderita. Perkembangan rasa sakit terjadi pada bagian tulang yang tidak normal, biasanya pada bagian sebelah belakang dari bagian yang disebutkan diatas. Namun jika sudah menekan saraf, maka sakitnya akan berdifusi keluar dan terasa menjalar ke bagian tubuh yang lain seperti tangan kaki dan lain-lain.
  1. Badan lama kelamaan melemah
Melemahnya tubuh manusia yang terkena kanker tulang terjadi karena gangguan impuls tulang belakang. Penderita akan menjadi lemas dan lemah. Peradangan besar dapat menyebabkan kerja otak tidak sinkron dengan anggota gerak. Hal ini dapat tampak pada penderita yang tidak mampu berjalan atau meraih sesuatu.
  1. Kepekaan sentuhan semakin berkurang
Sumsung tulang belakang adalah bagian sistem saraf pusat. Jika bagian ini mengalami peradangan maka dapat mengakibatkan kepekaan terhadap sentuhan menjadi berkurang, bahkan hilang. Salah satu akibatnya, mungkin seorang penderita bisa tidak merasakan apapun ketika tangannya terbakar atau menggenggam es.
  1. Terjadi Inkontinensia
Gejala inkontinensia disebabkan oleh hal yang sama dengan gejala tubuh yang melemah. Namun inkontinensia menyebabkan lemahnya kontrol kandung kemih dan usus, terutama usus besar dan rektum. Ini menyebabkan penderita kanker tulang dapat buang air tanpa terasa, baik buang air kecil maupun air besar.
  1. Terjadi kelumpuhan
Kanker tulang pada akhirnya akan menyebabkan kelumpuhan. Namun sebelum terjadi kelumpuhan, dapat diantisipasi, namun tergantung dari seberapa parah penyakitnya.
Penyakit kanker tulang dapat diatasi jika fase yang terjadi belum parah. Namun jika sudah parah, kemungkinan kelumpuhan dan mengakibatkan kematian juga tidak bisa dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat