Minggu, 23 September 2012

Kesehatan : Mengenal Penyakit Paru-paru Basah

pengertian paru paru basah
Pengertian penyakit paru-paru basah adalah suatu gangguan kesehatan pada tubuh yakni saluran pernafasan yang menuju ke paru-paru terlalu banyak terendam air. Memang pada kenyataannya, paru-paru memang basah untuk melancarkan kinerjanya. Namun jika terlalu banyak cairan akan menimbulkan akibat yang fatal, seperti paru-paru bengkak dan menghasilkan lendir sehingga si penderita batuk berkepanjangan. Paru-paru basahdikenal juga dengan nama bronchitis. Bronchitis umumnya muncul saat kita mengalami infeksi pada saluran pernafasan. Pilek atau flu merupakan salah satu dari banyak penyebab paru-paru basah. Bila pilek dan flu yang terjadi lebih dari satu minggu, maka pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut adalah hal yang wajib dilakukan.
Gejala bronchtis atau paru-paru basah
Gejala bronchitis antara lain adalah sakit di dada, sesak nafas dan pilek yang tak berkesudahan. Keadaan seperti ini dapat bertahan hingga dua minggu, namun jika ditambah dengan batu maka batuknya sendiri akan bertahan hingga lebih dari 8 minggu. Selain itu paru-paru basah juga bisa menyerang pada perokok. Jika dalam dua tahun berturut-turut seorang perokok mengalami batuk berdahak tanpa henti selama 3 bulan, maka kemungkinan besar ia terinfeksi paru-paru basah. Bayi dapat terkena bronchitus akibat virus yang dapat menghalangi saluran pernafasan, akibatnya bayi menjadi rewel , tidak nyenyak tidur dan tidak memiliki nafsu makan. Untuk itu ibu yang memiliki bayi harus cepat tanggap, jangan berlama-lama menunggu sembuh jika terdapat gejala seperti itu pada bayi anda.

Penyebab penyakit bronchitis

Penyakit bronchitis dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adalah:
  1. Infeksi virus, yakni virus respiratory synctial, adenovirus, influenza dan parainfluenza.
  2. Bakteri, namun dalam kasusnya sangat langka bakteri menyebabkan bronchitis.
  3. Polutan, udara yang kotor dapat menjadi penyebab munculnya virus baru yang membawa aneka ragam penyakit pernafasan.

Tanda-tanda orang terserang penyakit bronchitis

Pada orang dewasa, tanda-tanda penyakit bronchitis adalah sebagai berikut:
  • Batuk tak berkesudahan, apalagi batuknya berdahak
  • Merasakan sakit pada bagian dada saat bernafas
  • Penderita merasa sangat lelah daripada biasanya
  • Sakit kepala cukup ringan namun intensitasnya sangat sering
  • Seluruh badan terasa ngilu dan sakit, seperti pegal-pegal dan kecapekan.
  • Demam dan panas tubuh meningkat.
  • Mata menjadi sangat berair
  • Tenggorokan menjadi kering dan terasa sakit, terutama saat menelan makanan atu minuman.
Jika anda mendapatkan gejala seperti ini, ada baiknya anda segera ke dokter untuk memeriksakan penyakit yang anda derita lebih lanjut. Semakin cepat anda mendapat perawatan, maka akan semakin mudah kesembuhan didapat. Sedangkan gejala bronchitis pada bayi antara lain adalah:
  • Panas tinggi dan demam yang tidak kunjung turun.
  • Batuk berdahak kental, terkadang mengandung sedikit darah di dalamnya.
  • Kesulitan bernafas karena saluran nafas seperti tersumbat.
Jika merasakan ada gejala seperti itu pada bayi anda, maka anda harus cepat membawanya ke dokter. Jangan ambil resiko dengan menganggapnya bahwa itu penyakit ringan dan wajar. Bisa jadi balita anda terkena bronchitis akut, kronis, bronchiolitis atau infeksi saluran pernafasan ringan. Jika sudah diketahui penyebabnya, maka dapat dipastikan pengobatannya dengan apa. Tentu saja hal ini dilakukan supaya perawatan yang dilakukan dapat lebih maksimal dan balita anda cepat sembuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat