Sabtu, 22 September 2012

Pengetahuan : Bendera Merah Putih Negara Indonesia Dan Monako/Monaco Berbeda Tidak Sama


Bendera merah putih bukan 100% milik rakyat indonesia saja karena rakyat negara monako juga memiliki dan mengagung-agungkan bendera yang sama. Di samping negara monaco (monako), negara polandia (poland) juga memiliki bendera yang mirip namun dengan warna yang terbalik alias bendera putih merah. Negara Singapura (Singapore) pun berbendera merah putih namun ada tambahan gambar bulan sabit dan lima bintang di warna merahnya.Apakah serupa & sama?

Ternyata tidak sama.
Kenapa demikian?
Yang berbeda antara bendera merah putih milik Bangsa Indonesia dan Bangsa Monako ada perbedaan dari sisi skala ukuran benderanya.
- Bendera Indonesia : Skala 2 berbanding 3 (2:3)
- Bendera Monako : Skala 4 berbanding 5 (4:5)
Dari sisi sejarah bendera merah putih di Indonesia, kerajaan majapahit telah memakai lambang merah putih. Selain itu kerajaan kediri sebelum kerajaan majapahit dusah memakai panji-panji merah putih. Bendera negara monako dipakai mulai tahun 1881.
Oleh sebab itu dalam membuat bendera merah putih Negara Indonesia masyarakat diharapkan untuk berhati-hati membuat perhitungan skala ukuran benderanya agar pada saat kita hormat kepada bendera kita benar-benar menghormati bendera negara sendiri. Anak-anak pun sebaiknya diberi penjelasan dini secara ringan disaat menggambar bendera agar tidak salah membuat bendera indonesia.
Contoh : Ketika membuat bendera indonesia dengan panjang 1,5 meter, maka lebarnya adalah 1 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat