Sabtu, 01 September 2012

Pengetahuan : Daftar Negara Yang Punya Berdera Mirip dengan Bendera Indonesia (Merah Putih)


Di dunia ini ada ratusan negara berdaulat yang masing-masing mempunyai bendera lambang negara. Dari ratusan negara merdeka maupun yang belum merdeka terdapat beberapa di antaranya yang punya bendera yang serupa tetapi tak sama dengan bendera merah putih milik negara kesatuan republik indonesia. Apa sajakah mereka?

Mari kita lihat beberapa negara yang punya bendera negara yang mirip dengan bendera indonesia :
1. Bendera Negara Monako
Bendera monaco adalah bendera yang sangat mirip dengan bendera indonesia. Hanya skala yang membedakannya, di mana indonesia perbandingan panjang dan lebarnya adalah tiga banding dua (3:2), sedangkan monako lima berbanding empat (5:4). Bendera indonesia dan monako sama-sama atas merah bawah putih, di mana hanya skala saja yang membedakannya.
2. Bendera Negara Singapura
Bendera singapura bagaikan bendera negara indonesia ditambah gambar bulan sabit dan lima bintang membentuk lingkaran di bagian pojok kiri atas. Jadi jika ada bendera merah putih dengan gambar bulan bintang di atasnya berarti itu adalah bendera milik negara singapura (singapore).
3. Bendera Negara Austria plus Peru
Bendera Austria tidak sekedar merah putih saja, namun ada tambahan warna merah di bawah putih menjadi bendera merah putih merah. Kalau bendera negara peru hanya memurah 90 derajat bendera austria. Bendera peru yaitu dari kiri ke kanan adalah merah putih merah. Selain austria juga ada belanda yang warnanya merah putih biru. Dulu waktu jaman penjajahan belanda sempat ada yang merobek warna birunya sehingga jadilah bendera merah putih darurat.
4. Bendera Negara Polandia
Bendera polandia adalah kebalikan dari bendera negara indonesia. Kalau indonesia bernderanya di atas merah di bawah putih, maka bendera polandia adalah putih merah (di atas warna putih, di bawah warna merah) alias merahputih terbalik. Jadi jika ada orang pasang bendera merah putih terbalik bisa jadi orang itu adalah orang polandia. Jangan asal komplen langsung ke orangnya, memang ingin pasang bendera polandia atau memang teledor dalam memasang bendera.
5. Bendera Negara Jepang
Dari segi bentuk memang berbeda karena bendera jepang punya warna dasar putih dan sebuah bulatan merah besar di tengahnya. Akan tetapi dari segi warna sama-sama merah putih seperti indonesia. Ada juga negara lain yang secara bentuk berbeda namun warna benderanya hanya merah dan putih sama seperti kita.
----
Jadi apabila suatu saat nanti kita bertemu dengan bendera merah putih jangan lantas langsung hormat bendera, namun lihat dulu baik-baik bendera tersebut apakah skalanya benar, terbalik atau tidak, ada tambahan warna di bawah putih atau tidak, ada gambar tambahan atau tidak, dan lain sebagainya. Bisa saja kita salah hormat bendera negara lain jika tidak hati-hati.
Begitu juga jika membeli bendera, membuat bendera, memasang bendera, dan ketika menjadi petugas pengibar bendera upacara jangan sampai keliru karena salah-salah kita bisa memasang bendera polandia hanya karena terpasang terbalik. Bisa-bisa kita nanti ditertawakan orang banyak jika kurang hati-hati.


Sumber : organisasi.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat