Minggu, 03 Juni 2012

Kesehatan : Cara Tepat Perawatan Kulit Kering


Perawatan kulit kering berbeda dari kulit-kulit biasanya, bahkan hampir berkebalikan dengan kulit berminyak. Kulit kering bila dibiarkan tanpa perawatan akan terlihat kusam, bersisik, dan mudah keriput seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan dapat terjadi hiperpigmentasi pada orang dengan jenis kulit kering sehingga kulit terlihat gelap dan kusam. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah perawatan kulit kering pada wajah.

Kosmetik untuk Perawatan Kulit Kering

Jenis kosmetik yang dianjurkan untuk kulit kering adalah kosmetik yang tidak mengurangi minyak melainkan kosmetik dengan kandungan minyak yang cukup banyak di dalamnya sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Perawatan Kulit kering diusahakan untuk tidak menggunakan kosmetik yang mengandung alkohol karena alkohol akan mempercepat pengeringan kulit di wajah. Khususnya yang harus diperhatikan adalah hindari menggunakan sabun batangan untuk mencuci wajah karena dalam sabun batangan ini mengandung alkohol dan pH yang terkandung tidak sesuai dengan kulit wajah. Hal lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan mousturizer dua hari sekali agar menjaga kelembapan kulit.

Buah-Buahan yang Membantu Perawatan Kulit Kering

Beberapa buah yang dianjurkan untuk perawatan kulit kering adalah buah yang mengandung banyak air. Buah seperti samangka dan melon baik untuk dikonsumsi secara rutin bagi orang denga jenis kulit kering. Masker yang selama ini dipromosikan bahwa terdapat kandungan buah dan sayur alami di dalamnya memang baik untuk jenis kulit ini. Namun alangkah lebih baiknya apabila dalam penggunaan masker memakai bahan-bahan dari sayur ataupun buah yang masih asli dan alami. Misalnya saja menggunakan bahan dari buah alpukat, strawberry, pisang ambon, anggur, tomat, bengkoang dan pepaya. Buah-buahn tersebut dapat dipotong tipis-tipis untuk mempermudah melapisi permukaan wajah. Kemudian masker didiamkan menempel pada permukaan wajah selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit berlalu bilaslah wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk secara halus dan lembut.

Cara yang tepat untuk merawat kulit sebelumnya harus mengetahui jenis kulit seperti apa yang dimiliki karena dengan begitu seseorang tidak akan salah menggunakan metode untuk perawatannya. Berbagai jenis kulit selain kulit kering adalah kulit berminyak, kulit normal, dan kulit sensitif. Karena itu, jika seseorang akan melakukan perawatan kulit kering maka sebelumnya harus mengetahui jenis kulit apa yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat